Paguyuban Keluarga Jember di Merauke Gelar Halal Bihalal

MERAUKE | AcehNews.net – Paguyuban Keluarga Jember (PKJ) Kabupaten Merauke menyelenggarakan halal bihalal di Pondok Pesantren Al-Khotijah Kampung Yasa Mulya, Distrik Tanah Miring, Merauke, Papua, Sabtu (30/5/2020). Mengangkat tema dengan semangat “memayu hayuning bawana” kita ciptakan tali silaturahmi kekeluargaan antar warga pendalungan.

Ditengah kondisi pandemi Covid-19, tak menyurutkan semangat orang perantauan asli Jember dan peranakan Jember di bumi Anim Ha untuk bertatap muka di hari yang fitri, 7 Syawal 1441 Hijriyah.

Ketua PKJ Kabupaten Merauke, Agoes Saiman Narya mengatakan, kegiatan yang dihadiri 100-an lebih orang Jember tersebut tentu dilaksanakan sesuai protokol pencegahan penyebaran virus corona desease yang diintruksikan dinas kesehatan dan tim gugus Covid diantaranya, menggunakan masker, mencuci tangan yang bersih, dan social distanting.

“Sebulan penuh kita didik, ditempa menahan hawa nafsu. Melalui halal bihalal ini berusaha menyelesaikan masalah warga PKJ yang belum terselesaikan dan mendamaikan orang yang memiliki masalah antar sesama,” tuturnya kepada AcehNews.net disela-sela kegiatan.

Agoes S. Narya mengajak pengurus dan anggotanya supaya bersatu rapatkan barisan untuk PKJ lebih maju.

“Mari kompak sesuai kepribadian kita, tidak saling menyalahkan namun saling memaafkan. Sesuai visi misi kita bersinergi membangun daerah ini supaya kedepan kita sama-sama maju,” ujarnya.

Agoes mengakui, kehadiran PKJ di Merauke yang baru seumur jagung terbentuk 9 Desember 2019 lalu tidak terlepas dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Merauke. PKJ turut membantu pemkab dalam memajukan Tanah Anim Ha.

Sudah tiga kali PKJ melaksanakan kegiatan dan kali ini berkolaborasi dengan Ponpes Al-Khotijah. Dimana pimpinan Ponpes, Faishol juga selaku pengurus PKJ Merauke.

“Sampai dengan saat ini sudah terdata hampir 200 warga Jember di PKJ Merauke. Pengumpulan warga sendiri bertahap, mengingat kesibukan masyarakat. Ada yang berdagang dan lain-lain sehingga belum sempat bergabung,” lugas anggota polisi Merauke ini.

Dikesempatan yang sama, etua panitia halal bihalal yang juga selaku Wakil Ketua PKJ Merauke, Solihin menuturkan, halal bihalal dilaksanakan sesuai usulan dari sesepuh yang memiliki rasa kerinduan teramat sangat dengan keluarga Jember.

“Awal berdirinya PKJ di Merauke, setelah saya berjumpa dengan ketua. Saya sampaikan, ada keinginan mempersatukan warga Jember di perantauan. Alhamdulillah disambut baik dan bisa bersatu jadi paguyuban yang sudah resmi di kementrian. Izin sudah ada, tinggal pelantikan,” terang pria berprofesi sebagai tentara ini.

Ustadz Soleh yang menyampaikan hikmah halal bihalal PKJ yang dilaksanakan itu memiliki tujuan yang arif untuk silaturahmi dan saling berkasih sayang.

“Meskipun PKJ baru hadir di Merauke, kedepan Insya Allah bisa memajukan dan memakmurkan Kota Merauke,” ucapnya.

Imbuh Ustadz Soleh, apabila masih ada warga Jember di Merauke yang belum bergabung dalam PKJ maka bisa bergabung.

“Insya Allah pengurus PKJ saling bahu membahu. Intinya paguyuban ini ikhlas karena Allah,” demikian tandasnya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *