Malaysia Raup Pendapatan dari Pariwisata RM65,44 M

BANDA ACEH – Direktur Tourism Malaysia Medan, Nor Asikin Haron mengatakan, tingkat kunjungan wisatawan pariwisata di Malaysia terus meningkat. Sebutnya pada 2013 pencapaian pariwisata telah mampu meraup pendapatan sebanyak RM65,44 miliar.

Indonesia merupakan negara kedua penyumbang kunjungan wisatawan terbesar ke Malaysia setelah Singapore. Dari Januari hingga Agustus 2014, jelas Nor Asikin,  tingkat kunjungan wisatawan ke Malaysia sudah mencapai 1,8 juta wisatawan, atau meningkat sebesar 4,8 persen

“Bedasarkan data dari Dinas Pariwisata Malaysia jumlah wisatawan Indonesia yang berkunjung ke Malaysia mengalami peningkatan di 2013  yaitu sebanyak 2.55 juta orang, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya,” kata Nor Asikin kepada AcehNews.net pada acara Malaysia Travel Mart  2015 yang digelar di Hermes Hotel, Kamis (26/2/2015) di Banda Aceh.

Lanjut dia, ini merupakan satu tren yang luar biasa yang dapat dicapai karena kerjasama yang baik antara Tourism Malaysia dengan agen pariwisata, media, agensi, penerbangan, dan mitra kerjan lainnya.Masih kata Nor Asikin, Aceh merupakan salah satu target utama Tourism Malaysia untuk mempromosikan pariwisata di Malaysia

“Aceh memiliki kedekatan di bidang sejarah dan budaya serta tersedianya penerbangan langsung dari Banda Aceh ke Subang dan Penang. Itu menjadi perekat hubungan antara Malaysia dengan Aceh. Kami berharap akan lahir paket-paket wisata baru yang memberikan pilihan aneka destinasi hingga harga yang menarik bagi masyarakat Aceh yang ingin berwisata, berobat dan belajar ke Malaysia,” katanya lagi.

Pemerintah Malaysia sangat serius dalam meningkatkan industry pariwisata dikarenakan sektor pariwisata penyumbang ke-6 terbesar kepada ekonomi Malaysia. Pada 2015 ini, Pemerintah Malaysia telah menyiapkan 50 even besar untuk menyemarahkan Malaysia Year Of Festival 2015. (agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *