Luapan Sungai Rendam 21 Rumah di Linge  

AcehNews.Net|TAKENGON – Hujan seminggu terakhir yang melanda Kabupaten Aceh Tengah tidak hanya menyebabkan luapan air yang merendam ratusan rumah warga di Kecamatan Bintang, tetapi juga terjadi di Kecamatan Linge, tepatnya Kampung Pantan Nangka.

“Ada dua puluh satu rumah warga yang terdampak luapan air sungai akibat hujan deras,” ungkap Camat Linge, Agus Kasim, ketika dikonfirmasi AcehNews.net pada Kamis (22/10/2015).

Menurut Agus, air yang sempat merendam rumah warga setinggi lutut orang dewasa itu saat ini sudah surut, namun dampak sebenarnya tidak hanya sebatas rumah dan isinya, tapi luapan air juga ikut merendam persawahan warga terutama yang terletak dibantaran sungai.

“Persawahan disepanjang bantaran sungai dipastikan rusak dan panen tahun ini tidak sesuai harapan,” imbuh Agus.

Meluapnya air sungai tersebut juga mengakibatkan terhambatnya aktifitas masyarakat di kampung tersebut, sehingga membutuhkan bantuan terutama bahan pangan.

Sebelumnya, Selasa (20/10/2015) Wakil Bupati Aceh Tengah, Khairul Asmara, bersama anggota DPRK, Hamzah Tun, Kadim Aceh Tengah Mayor Kav. Widya Widiantoro, dan Kabag Ops Polres Aceh Tengah meninjau dan menyalurkan sejumlah bantuan kepada warga yang rumahnya terkena dampak luapan air.

Dihubungi terpisah Khairul Asmara menyampaikan keprihatinan atas kejadian yang menimpa sejumlah warganya sembari mengingatkan agar berhati-hati jika berangkat kesawah dan berada di pinggir sungai.

“Musim hujan seperti ini dapat mengakibatkan air sungai semakin deras, karena itu agar warga hati-hati jika berada dipinggir sungai, hal ini untuk menghindari terjadinya kecelakaan maupun korban jiwa,”kata Khairul yang mengharapkan warga untuk sabar dan tabah dalam menghadapi cobaan yang terjadi.(emka)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *