Kasus Bertambah, Satgas Covid-19 Aceh Minta Pengelola Transportasi Ikut Prokes

BANDA ACEH | AcehNews. Net — Kasus harian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) di Aceh terus bertambah. Seratus orang dinyatakan positif, pasien yang sembuh 32 orang, dan dua orang meninggal dunia, dalam 24 jam terakhir. Dan kini Aceh sudah masuk zona oranye.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, secara tertulis kepada AcehNews. Net, Selasa (11/5/2021) di Banda Aceh, menghimbau masyarakat di zona oranye untuk meminimalisir kegiatan di luar rumah.

“Aktivitas di luar rumah hanya dilakukan apabila sangat mendesak, dan dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat, memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan dengan memakai sabun di bawah air yang mengalir, atau memakai hand sanitizer,” pesan SAG.

Ia juga meminta pengelola moda transportasi memiliki tanggung jawab moral untuk memberi perlindungan maksimal kepada seluruh penumpangnya.

Pesannya lagi, jarak duduk antarpenumpamng diatur sedemikian rupa dan hanya diisi sekitar 50 persen tempat duduk yang tersedia. Para penumpang pun tidak memaksa diri untuk terangkut meski berjejal di dalam kendaraan umum. Keselamatan tetap harus diutamakan.

“Kita wajib menyampaikan informasi yang benar supaya masyarakat bijak menyikapi dan dapat merespon dengan tepat dinamika yang terjadi di lingkungannya yang masih zona oranye saat ini,” tutur SAG.

Juru Bicara Satgas Covid-19 menjelaskan, zona oranye dikategorikan sebagai daerah yang memiliki risiko sedang peningkatan kasus Covid-19. Penyebaran virus corona diperkirakan masih sangat tinggi, dan bahkan memiliki potensi tidak terkendali. Kata SAG, transmisi lokal bisa terjadi sangat cepat di dalam masyarakat.

Di zona oranye, lanjutnya, diperkirakan terjadi transmisi dari luar daerah (imported case)  secara cepat. Karena itu Satgas Covid-19 kabupaten/kota dan Pos Komando gampong di zona oranye seyogyanya memantau dan mengontrol penyebaran virus corona melalui tindakan dan dukungan terhadap upaya testing dan tracing yang agresif di masyarakat, pintanya.

“Tinggal Aceh Tenggara dan Aceh Timur yang zona kuning di Aceh, 21 kabupaten/kota lainnya semua zona oranye,” demikian tandas SAG.

Data akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per  11 Mei 2021. Jumlah kasus Covid-19 secara akumulatif telah mencapai 11.998 kasus/orang. Para penyintas, yang sembuh dari Covid-19 sebanyak  10.151 orang. Pasien masih dirawat 1.366 orang, dan penderita yang meninggal dunia sudah mencapai 481 orang. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *