Jurnalis Aceh Diajarkan Peliputan Isu Anak Sesuai Kode Etik Jurnalistik

SABANG | AcehNews – Peliputan isu anak tidak terlepas dari Kode Etik Jurnalitik (KEJ). Untuk itu para jurnalis dituntut mengedapankan prisip-prinsip hak anak dalam pemberitaan.

Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Banda Aceh menggelar workshop peliputan hak anak bagi 25 jurnalis dari berbagai media di Mars Resort, Kota Sabang, Aceh. Kegiatan yang bekerjasama dengan UNICEF Aceh itu digelar pada Jum’at hingga Ahad (24-26/1/2020).

Ketua AJI Banda Aceh, Misdarul Ihsan mengatakan kegiatan itu digelar untuk meningkatkan kapasitas jurnalis dalam memahami isu-isu anak terutama yang berkaitan dengan hak anak dan kesehatan anak, termasuk imunisasi dan prinsip-prinsip hak anak dalam membuat pemberitaan isu anak.

“Selama workshop ini, 25 jurnalis dari berbagai media di Aceh dilatih bagaimana meliput isu anak agar sesuai standar profesionalisme dan kode etik jurnalistik serta berbasis data yang mudah dipahami publik,” kata Ihsan.

Setelah mengikuti workshop, tambah Ihsan, sebanyak enam jurnalis terbaik akan diberikan beasiswa peliputan untuk meliput isu-isu hak anak dan imunisasi.

Sementara itu, Social Policy Specialist UNICEF, Angga Dwi Martha mengatakan, jurnalis dan media memiliki peranan yang sangat penting dalam memastikan terpenuhinya hak-hak anak. Menurutnya, media menjadi corong penyampaian informasi mengenai pemenuhan hak anak kepada masyarakat luas.

“Media merupakan teropong dalam menceritakan mengenai pentingnya pemenuhan hak-hak anak dan penting untuk memastikan kepentingan terbaik untuk anak,” ujar Angga.

Kegiatan yang diusung AJI Banda Aceh bekerjasama dengan Unicef ini, dibuka secara resmi pada Jum’at sore (24/1/2020). Sejumlah pemateri yang hadir yaitu ahli pers di Aceh atau CEO acehkini.id, Adi Warsidi; Social Policy Specialist UNICEF, Angga Dwi Martha, Health Officer UNICEF, Dita Ramadonna; Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Cabang Aceh, Herlina Dimiati; dan Ketua Bidang Gender Anak Dan Kelompok Marjinal AJI Indonesia, Endah Lismartini. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *