Jelang Idul Fitri, Perbatasan Sumut-Aceh Semakin Diperketat Pemeriksaan Covid-19

KUALA SIMPANG | AcehNews.net – Menjelang Hari Raya Idul Fitri 1441 Hijriah, Pelaksana Tugas Gubernur Aceh, Nova Iriansyah, meminta petugas Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang, agar melakukan pemeriksaan secara ketat kepada penumpang kendaraan umum maupun pribadi, dengan protokol kesehatan Covid-19

Hal ini ditegaskan Nova Iriansyah, saat meninjau Posko Bersama Penanggulangan Penyebaran Covid-19 Kabupaten Aceh Tamiang di terminal Kuala Simpang, Selasa (19/5/2020). Tinjauan itu turut dihadiri langsung pimpinan Forkopimda Aceh.

“Tolong perkuat personil. Jika dirasa kurang, jajaki untuk penempatan relawan baik dari Tagana maupun organisasi sipil di posko,” kata Nova yang didampingi Pangdam Iskandar Muda, Kapolda Aceh, Wakajati, Kepala Dinas Perhubungan Aceh dan Kepala Dinas Sosial Aceh.

Nova mengatakan intensitas kendaraan yang melintas jelang hari raya Idul Fitri dipastikan meningkat. Karena itu ia meminta agar diperketat pemeriksaan kesehatan.

“Kita yang bertugas di sini harus bekerja ekstra. Arus mudik dan arus balik harus kita pastikan semuanya aman,” tegas Nova.

Agar segala kebutuhan petugas terpenuhi, Nova meminta petugas untuk membuka dapur umum di lokasi posko bersama. Segala kebutuhan dapur umum bakal dipasok dari gudang miliknya Dinas Sosial Aceh.

Sementara itu, Bupati Aceh Tamiang, Mursil, mengatakan, penguatan intensitas pemeriksaan bakal dilakukan di posko bersama. Sementara di perbatasan, pihaknya akan memaksimalkan potensi relawan desa siaga.

“Kita bekali mereka termogan, form, dan radio. Jika ada yang terdeteksi suhu tinggi langsung dilaporkan kemari untuk dijemput petugas yang standby di posko bersama ini,” kata Mursil.

Posko bersama tersebut berada di terminal Kuala Simpang yang jaraknya sekitar satu kilometer dari perbatasan Aceh – Sumatera Utara. (Saniah LS/ril)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *