Ini Cara Cerdas Mengumpulkan Uang Beli Rumah

Setiap tahunnya, harga rumah mengalami kenaikan yang cukup signifikan. Bagi Anda yang ingin membeli rumah, tentunya harus mempertimbangkan inflasi, lokasi dan berbagai pertimbangan penting lainnya. Namun, apakah Anda telah memikirkan cara mengumpulkan uang untuk membeli rumah? Berikut beberapa cara cerdas mengumpulkan uang untuk membeli rumah:

Pertama-tama, Anda harus memiliki target tabungan yang harus dikumpulkan untuk membeli rumah, setidaknya jumlah tersebut cukup untuk membayar uang pangkal, jika Anda berencana untuk mengambil Kredit Kepemilikan Rumah (KPR).

Kemudian, targetkan pula jangka waktu pengumpulan uang tersebut. Apakah uang tersebut akan dikumpulkan dalam jangka waktu 2 tahun? Atau mungkin dalam 5 tahun kedepan. Hal ini penting karena akan berhubungan langsung dengan jumlah uang yang harus Anda anggarkan setiap bulannya untuk mencapai jumlah yang Anda inginkan tersebut. 

Anggaran Bulanan dari Pemasukan Rutin Bulanan

Anda harus memiliki anggaran setiap bulannya dari pemasukan rutin Anda. Pilihlah angka yang sesuai dengan target tabungan dan perhatikan pula jangka waktu menabung Anda. Jika Anda ingin menyisihkan 20% dari pemasukan setiap bulannya, Anda harus berkomitmen untuk menyisihkan jumlah tersebut dengan jangka waktu yang Anda tetapkan sendiri.

Tabungan ini dapat Anda sisihkan dengan menggunakan rekening tabungan terpisah, deposito, ataupun reksa dana. Yang paling penting, pastikan tabungan tersebut disimpan dalam instrumen yang aman dan dapat dicairkan kapan saja.

Pemasukan Tambahan dari Pekerjaan Lainnya

Jika uang dari hasil pekerjaan utama Anda tidak cukup untuk mencapai target tabungan Anda, carilah pendapatan tambahan diluar pekerjaan utama Anda. Misalnya dengan menjadi freelancer diluar jam kerja kantor. Hitung jumlah yang dapat Anda kumpulkan dengan menjadi freelancer diluar jam kantor.

Kurangi Pengeluaran Berlebih

Anggarkan pengeluaran Anda setiap bulannya, dan berkomitmenlah pada anggaran tersebut. Saving is about lifestyle. Kurangi pembelian barang-barang yang tidak penting dan gaya hidup yang berlebihan.

Berilah target-target dan juga batasan pada diri sendiri. Anda akan takjub dengan angka yang dapat Anda sisihkan dengan mengurangi frekuensi makan diluar selama satu tahun, ataupun tidak membeli gadget baru selama satu tahun.

Pilih bunga dan jangka waktu Pinjaman yang FIX

Pilihlah bank yang memang memiliki fasilitas pilihan Bunga yang variatif sehingga bisa disesuaikan dengan kemampuan Anda dan tidak akan mengganggu aliran dana Anda. Saat Anda akan membeli rumah pastikan cicilan Anda tidak melebihi kapasitas, sehingga pilihlah KPR yang memberikan banyak pilihan suku bunga sesuai kebutuhan.

Salah satu contohnya adalah BCA yang menyediakanragam pilihan suku bunga sesuai kebutuhan, fix 1 tahun 9,25% eff. p.a, fix 2 tahun 9,25% eff. p.a, fix 3 tahun 9,5% eff. p.a, fix 5 tahun 10% eff. p.a, serta Fix & Cap 9,25% eff. p.a untuk fix 3 tahun pertama dan 11% eff. p.a untuk cap selama 2 tahun berikutnya). (yahoonews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *