Webiner Prodi Psikologi Falkutas Kedokteran Unsyiah,
Guru Juga Bisa Stres di Masa Pandemi Covid-19

Materi Webiner.| Ist

BANDA ACEH | AcehNews.net – Di tengah pandemi Covid-19, hampir seluruh sektor kehidupan masyarakat terkena dampaknya, tidak terkecuali dunia pendidikan, yaitu murid dan guru.

Program studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiahkuala, Banda Aceh, Sabtu (16/5/2020), melalui program kuliah KPP (Keterampilan Psikologi Profesional) I, mengadakan Webiner dengan tema “Menjaga Kesejahteraan Psikologis Guru di Masa Pandemi Covid-19”.

Tujuan kegiatan ini,tak lain sebagai bentuk kepedulian akan kesejahteraan psikologis guru di Aceh khususnya.

“Guru sebagai ujung tombak aktivitas pembelajaran juga harus melakukan banyak penyesuaian dengan perubahan yang terjadi saat ini, termasuk menggunakan sistem belajar baru (‘online/ daring’) kepada murid-muridnya,” jelas Wida Yulia Viridanda, M.Psi., Psikolog, salah satu narasumber pada kegiatan tersebut.

Webiner ini ditujukan bagi guru di seluruh Aceh menggunakan aplikasi Google Meet. Sistem ini menurutnya, pembelajaran online/daring ini meninggalkan beberapa tantangan, kebingungan dan kendala, baik pada guru maupun murid, baik secara pribadi maupun institusi.

“Antusiasme guru di Aceh sangat besar terhadap kegiatan ini dengan tercapainya kuota pendaftaran hanya 1 hari setelah informasi dan flyer disebar,” katanya lagi.

Sebut Wida, lebih dari 100 orang guru di seluruh Aceh mendaftar dan ikut pada kegiatan. Kegiatan ini sendiri, ujar Wida, diinisiasi oleh Staf pengajar Prodi Psikologi FK Unsyiah yang juga mengampu mata kuliah KPP I bersama dengan mahasiswa yang mengikuti mata kuliah tersebut.

“Berdasarkan tugas mata kuliah tersebut, mahasiswa memperoleh informasi terkait kondisi psikologis guru di beberapa wilayah di Aceh,” ucap Wida.

Semnetara itu, narasumber kedua yaitu Haiyun Nisa, M.Psi., Psikolog menambahkan, guru juga bisa stres dan bingung dengan situasi saat ini, kesulitan untuk memberikan pembelajaran kepada murid secara online, sulit memantau capaian pembelajaran murid, sampai rendahnya motivasi belajar murid secara online.

“Kita merasa perlu melakukan krgiatan ini. Kita ingin membantu kondisi tersebut,” kata Haiyun Nisa.

Pada kegiatan Webiner ini diusung dua tema dengan 2 narasumber psikolog, yaitu Kesejahteraan Psikologis Guru di Masa Pandemi Covid 19 oleh Haiyun Nisa, M.Psi., Psikolog dan Membangun Komunikasi dan Motivasi Siswa di Tengah Pandemi Covid 19 oleh Wida Yulia Viridanda, M.Psi., Psikolog.

Kegiatan berlangsung selama 2 jam mulai, pukul 10.00- 12.00 WIB dengan tepat waktu. Peserta yang ikut dari guru di berbagai tingkat institusi pendidikan, mulai dari TK, SD, SMP, SMA sampai Universitas (dosen).

Para pengajar tersebut berasal dari Banda Aceh, Aceh Besar, Bireuen, Lhokseumawe, Aceh Jaya, Aceh Timur, Simeulue, Nagan Raya, Aceh Utara, Aceh Tenggara, Aceh Tamiang, Gayo Lues, Aceh Tengah, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil dan Sabang.

Dosen Unsyiah ini mengatakan, diskusi berlangsung cukup antusias dan interaktif dengan banyak pertanyaan yang diajukan.

“Peserta menyatakan bahwa kegiatan webiner ini memberikan manfaat dan dapat menjawab beberapa permasalahan yang dihadapi oleh guru selama pandemi Covid-19 ini dan ingin agar kegiatan serupa sering dilakukan untuk membantu tantangan yang dihadapi guru baik selama pandemi maupun setelahnya,” demikian pungkasnya. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *