Gempa Kekuatan 3,5 SR Guncang Aceh Selatan

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Sekitar pukul 08.31 WIB pagi tadi, wilayah Tapaktuan diguncang gempabumi tektonik. Dari hasil analisa BMKG menujukkan, gempabumi itu berkekuatan 3,6 skala rikter. 

Hal ini dikatakan Kepala BMKG Stasiun Geofisika Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro, Kamis (10/10/2019). 

“Episenter terletak pada koordinat 3,22 LU dan 97,25 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 8 kilometer tenggara Aceh Selatan pada kedalaman 5 kilometer,” ujarnya.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, jelas Djati, gempabumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas segmen sesar Batee.

Dampak gempabumi berdasarkan laporan masyarakat berupa guncangan yang dirasakan di wilayah Tapaktuan II MMI. 

“Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenaranya,” katanya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id). 

“Atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg,” demikian pungkasnya. (Teks:Hafiz Ilustrasi:tribunnews.com)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *