Gelombang Laut di Perairan Aceh Masih 3 Meter  

BANDA ACEHBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memperkirakan dua hari ke depan, 6 hingga 7 November 2014, gelombang laut dengan ketinggian  maksimum 3 meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh. Juga terjadi di perairan Barat dan Selatan Aceh.

“Selain di Perairan Sabang dan Banda Aceh, tinggi gelombang mencapai 3 meter juga terjadi di Barat dan Selatan Aceh. Kondisi gelombang ini sudah terjadi sejak 4 hari yang lalu,” jelas Prakirawan BMKG, Khairul Akbar, Rabu (5/11)di Blang Bintang, Aceh Besar.

Khairul meminta masyarakat yang tinggal di pesisir dan nelayan di dua wilayah perairan tersebut agar waspada. Karena  selain itu dari pantauan BMKG dua hari kedepan, di sebelah Barat laut Aceh adanya pusat tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaan sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah Barat dengan kecepatan 05– 37 Km/jam.

“Di perairan Utara dan Timur Aceh, tinggi gelombang berkisar dari 0,25 hingga 1,5 meter,” sebut Khairul wilayah perairan lain di Aceh yang mengalami gelombang tinggi.

Dia juga menambahkan selain mengalami gelombang tinggi, sebagian wilayah Aceh berpeluang hujan dengan intensitas ringan hingga sedang. Sebut Khairul, wilayah yang berpotensi hujan sedang yaitu Tapaktuan, Kutacane, Takengon, Meulaboh, Kota Jantho, Singkil, Blangpidie, Blang Kejeran, Suka Makmue, Karang Baru, Simpang Tiga Redelong, dan Subulussalam. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *