Dua Gol Griezmann Antar Prancis ke Perempatfinal

LYON – Tim nasional Prancis sukses melangkah ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016 usai mampu mengalahkan Republik Irlandia secara dramatis dengan skor tipis 2-1.

Sempat tertinggal satu gol di babak pertama, Tim Ayam Jantan mampu membalikkan keadaan di babak kedua melalui gol yang ditorehkan bintang mereka, Antoine Griezmann dalam pertandingan yang dimainkan di Parc Olympic Lyonnais, Lyon, (26/6) malam WIB.

Ketika pertandingan baru dimulai, tim tuan rumah sudah harus dikejutkan ketika pelanggaran Paul Pogba kepada Shane Long di kotak penalti berbuah tendangan penalti untuk tim Irlandia.

Striker Robbie Brady yang dipercaya menjadi algojo sukses menjalankan tugasnya dengan baik guna membawa tim asuhan Martin O’Neill tersebut unggul 1-0.

Tersengat gol tersebut, Prancis coba untuk terus menguasai permainan. Paul Pogba nyaris menyamakan kedudukan di menit ke-23 andai eksekusi tendangan bebasnya tak mampu dibendung penjaga gawan Irlandia, Darren Randolph.

Sesaat sebelum turun minum, Dimitri Payet sempat memiliki peluang emas, namun sayang tembakannya di dalam kotak penalti masih mampu diblok pertahanan ketat Irlandia yang dikomandoi dengan baik oleh Richard Keogh.

Skor 1-0 untuk keunggulan Irlandia bertahan hingga paruh pertama usai.

Memasuki babak kedua, Prancis mencoba untuk meningkatkan tempo permainan. Pelatih Didier Deschamps pun memasukkan Kingsley Coman guna menambah daya gedor Les Blues di lini depan.

Tiga belas menit usai peluit kick-off babak kedua dibunyikan, supporter Prancis sudah dapat bersorak-sorai bergembira usai tim kesayangannya mampu mencetak gol penyama kedudukan.

Adalah striker Antoine Griezmann yang menjadi juru selamat Prancis kali ini. Sundulan pemain Atletico Madrid tersebut kala memanfaatkan umpan Bacary Sagna sukses menembus jala gawang Irlandia. Skor imbang 1-1.

Tak butuh waktu lama bagi Prancis untuk memastikan kemenangannya. Empat menit usai gol tersebut, Griezmann mampu mengemas gol keduanya dengan gemilang.

Sang striker mampu dengan tenang menempatkan bola ke pojok kiri gawang yang tak mampu dijangkau Randolph. Skor 2-1 untuk keunggulan Tim Ayam Jantan.

Mencoba mengejar ketertinggalan, petaka justru datang bagi tim Irlandia. Di menit ke-66, bek Shane Duffy diusir keluar lapangan usai menerima kartu merah akibat menekel Griezmann di dekat kotak penalti pertahanan Irlandia.

Unggul jumlah pemain, Prancis dengan lebih tenang mampu menguasai sisa akhir laga, namun sayang tak ada gol tambahan yang tercipta hingga peluit akhir dibunyikan. Skor 2-1 untuk kemenangan tim tuan rumah, Prancis.

Dengan hasil ini, Prancis sukses melangkah ke babak perempatfinal Piala Eropa 2016, dan mereka akan bertemu pemenang antara duel Inggris menghadapi Islandia yang baru akan bermain (28/6) dini hari WIB.

Susunan pemain:

Prancis: Lloris; Sagna, Patrice Evra, Adil Rami, Koscielny; Matuidi, Paul Pogba, Kante (Coman 46′); Giroud (Gignac 74′), Payet, Griezmann.

Republik Irlandia: Randolph; Keogh, Ward, Seamus Coleman, Duffy; Hendrick, McClean (O’Shea 69′), Brady, McCarthy (Hoolahan 71′); Shane Long, Murphy (Walters 65′). (inilah.com)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *