Distribusi Logistik Pemilu ke Pulau Aceh Dikawal Ketat

JANTHO | AcehNews.net – Pendistribusian logistik Pemilu dengan mengunakan boat angkutan penumpang tang menempuh waktu.sekutar 2,5 jam ke Pulau Aceh itu, Selasa (16/4/2019) dikawal ketat pihak oleh pihak keamanan dan Komisi Independen Pemilihan (KIP) Aceh Besar, dan Bupati.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Ayi Satria Yuddha kepada wartawan mengatakan, pendistribusian logistik Pemilu ke pulau terluar Aceh tersebut dikawal ketat oleh aparat keamanan dari TNI dan Polri hingga sampai ke PPK dan juga TPS.

“Untuk pengiriman ke Pulo Aceh, Polres Aceh Besar menurunkan 17 personel polri ditambah 11 personil dari TNI,” ujarnya.

Katanya, kondisi kamtibmas menjelang pemilu di Kabupaten Aceh Besar relatif kondusif belum ada yang menonjol. Ia juga menghimbau kepada masyarakat agar dapat menjaga ketertiban dan keamanan saat akan melakukan pemilihan di TPS masing-masing.

Sementara itu, Anggota Komisioner KIP Aceh Besar, Junaidi mengatakan, bahwa logistik yang akan di kirim ke Pulo Aceh itu nanti akan transit di Pulo Nasi untuk didistribusikan di lima Gampong (desa), kemudian dilanjutkan ke Pulo Breueh untuk 12 gampong.

“Kecamatan Pulo Aceh ada 18 TPS yang tersebar di 17 gampong di dua Pulau yaitu Pulo Nasi dan Pulo Breueh dengan jumlah pemilih 3.015 orang, terdiri atas pemilih laki-laki 1.578 orang dan pemilih perempuan 1.437 orang,” sebut Junaidi.

Lanjutnya, KIP Aceh Besar mengirim logistik berupa surat suara sesuai dengan pemilih, serta 90 kotak suara untuk TPS, 11 Kotak Suara untuk Kecamatan,hingga 72 bilik suara.

“Insya Allah logistik akan tiba malam ke gampong masing-masing yang ada TPS, dan besok paginya warga dapat langsung memilih,” kata Junaidi.

Bupati Aceh Besar, Mawardi Ali yang ikut menyaksikan pendistribusian logistik tersebut di pelabuhan penyeberangan Ulee Lheu-Pulo Aceh, di Banda Aceh mengatakan, ia melihat secara langsung pegeseran logistik Pemilu 2019 untuk memastikan prosesnya berjalan dengan baik dan sesuai dengan aturan.

Lanjutnya, hasil peninjauannya dan pemantauan proses penyelenggaraan Pemilu serentak sejauh ini di Kabupaten Aceh Besar tidak ada kendala dalam distribusi logistik Pemilu 2019.

“Artinya Kabupaten Aceh Besar siap melaksanakan presta demokrasi tiap lima tahun ini. Semua logistik Pemilu baik itu surat suara, kotak suara, dan lainnya yang di kirim ke Pulo Aceh ini langsung didistribusikan ke TPS masing-masing, dan para Keuchik (Kepala Desa) sudah menunggu disana,” demikian kata Mawardi Ali.

Kepada warga Aceh Besar, Mawardi Ali berpesan agar beramai-ramai datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada 17 April 2019 besok, untuk memberikan hak pilih sesuai dengan hati nurani, dan jangan ada yang tidak memilih atau Golput. (Adi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *