Jelang Lebaran,
Disabilitas di Banda Aceh Terima Bantuan Rp2,5 Juta dan Sembako

AcehNews.net|BANDA ACEH –Sebanyak 170 orang penyandang disabilitas dari seluruh gampong (desa) di sembilan kecamatan di Banda Aceh menerima bantuan uang sebesar Rp2,5 juta. Bantuan ini diserahkan langsung oleh Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, Rabu (29/06/2016) di Aula lantai IV, Gedung A, komplek Balikota Banda Aceh.

Selain bantuan uang, para penyandang disabilitas juga mendapatkan paket sembako berupa Beras, Minyak Goreng, dan Susu yang juga diserahkan Illiza.

“Bantuan ini sengaja kita berikan jelang Hari Raya, agar bisa digunakan untuk kebutuhan lebaran dan juga untuk kebutuhan di akhir Ramadhan,” jelas Illiza dalam sambutannya.

Illiza mengatakan, bantuan tersebut merupakan bentuk perhatian Pemko kepada warganya yang memiliki keterbatasan fisik. Selain bantuan social tersebut, kata Illiza, para penyandang disabilitas juga mendapatkan bantuan dari Baitul Mal Banda Aceh setiap tahunnya.

“Alhamdulillah ini sudah kita serahkan setiap tahunnya, nanti dari Baitul Mal juga akan ada bantuan untuk warga penyandang disabilitas. Semoga bantuan ini dapat manfaatkan sebaik mungkin,” pinta Illiza.

Sementara itu, Kepala Dinas Pengelolaan, Keuangan dan Aset Daerah (DPKAD) Drs Purnama Karya MM menjelaskan, bantuan sosial yang bersumber dari APBK Banda Aceh melalui DPKAD telah disalurkan selama tiga tahun terakhir.

Terkait data penerima bantuan, Purnama Karya mengungkapkan selama ini pihaknya bekerjasama dengan Tenaga Suka Rela Kecamatan (TKSK) yang melakukan verifikasi data hingga ke kampung-kampung.

“Tadinya data kita ada 192 orang, namun setelah di verifikasi oleh TKSK tinggal 170 orang lagi, karena ada yang sudah pindah dan sudah meninggal,” ujar Purnama Karya.

Katanya, bantuan berupa uang Rp2,5 Juta langsung di transfer ke rekening masing-masing penerima, sedangkan untuk penerima yang dibawah umur di transfer ke rekening orang tuanya.

Sardi, salah-satu penerima bantuan dari kalangan disbilitas menyampaikan rasa terimkasih kepada Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE, yang selama ini dinilai sangat perhatian, terutama terhadap kalangan penyandang disabilitas seperi dirinya.

“Uang dan paket sembako ini sangat berguna bagi kami, apalagi menjelang lebaran pastinya kami juga mengeluarkan banyak uang untuk kebutuhan sehari-hari,” ungkap Sardi.

Katanya, bantuan ini merupakan bentuk perhatian besar Pemerintah Kota kepada pihaknya. Sardi berharap, kebijakan bantuan sosial untuk penyandang disabilitas ini bisa dipertahankan dan berjalan setiap tahunnya dan bisa ditiru pemerintah daerah lain di Aceh. (zoel m)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *