Covid-19, Prilaku Menjaga Jarak dan Menghindari Kerumunan di Aceh Lebih Tinggi dari Nasional

BANDA ACEH | AcehNews. Net – Perilaku menjaga jarak dan menghindari kerumunan di Provinsi Aceh lebih tinggi dari rata-rata nasional, namun kepatuhan memakai masker masih dibawah rata-rata nasional dan perlu ditingkatkan.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satuan Tugas (Satgas) Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani secara tertulis kepada AcehNews. Net, Jum’at (4/6/2021)di Banda Aceh.

Hasil pengamatan periode 24 Mei-30 Mei 2021, SAG menyebutkan, masyarakat Aceh yang memakai masker sebanyak 83,19 persen dan yang menjaga jarak dan menghindari kerumunan sekitar 87,79 persen. Sedangkan presentase rata-rata nasional pemakaian masker pada periode yang sama sekitar 88,45 persen, dan perilaku menjaga jarak dan menghindari kerumunan sekitar 87,6 persen.

“Perilaku protokol kesehatan itu kita ketahui dari hasil monitoring personil pemantauan perubahan perilaku masyarakat di daerah,” ujar Juru Bicara yang akrab disapa SAG itu.

Ia menjelaskan, Satgas Covid-19 Nasional, selain merilis Peta Zonasi Risiko Covid-19 di daerah, juga melaporkan hasil pengamatan perubahan perilaku masyarakat di setiap daerah kabupaten/kota, di tanah air. 

“Data-data tersebut menunjukkan tingkat kepatuhan masyarakat Aceh terhadap protokol kesehatan sudah relatif baik, namun khususnya pada disiplin memakai masker, kita masih dibawah nasional.” tutur SAG.

Ia menjelaskan mengapa penting memakai masker. Sebab masker merupakan alat pelindung mulut dan hidung dari percikan liur atau percikan bersin (lawan bicara), yang merupakan pembawa virus (carrier). 

“Gunakanlah masker secara benar dan disiplin saat berada di tempat-tempat umum agar terlindung dari infeksi virus corona,” demikian ajaknya.

Secara akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per 4 Juni 2021, telah mencapai 15.663 kasus/orang. Rinciannya, para penyintas, yang sudah sembuh dari Covid-19, sebanyak  11.978 orang. Penderita yang sedang dirawat 3.070 orang, dan kasus meninggal dunia secara akumulatif sudah mencapai 615 orang. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *