BMKG: Waspada Petir dan Angin Kencang  

AcehNews.Net| BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, mengingatkan masyarakat di Aceh dua hari ke depan, 12 hingga 13 Oktober 2015 sejumlah wilayah di Aceh bagian Utara, Tengah, Barat, dan Selatan Aceh, diprakirakan akan berpotensi hujan sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang.

Sejumlah kabupaten di Aceh tersebut yaitu, Pidie bagian Selatan, Aceh Jaya bagian Tengah, Aceh Tengah, Aceh Barat, dan Nagan Raya bagian Utara dan Tengah. “Kami sudah mengirimkan peringatan tertulis melalui media maupun pihak-pihak lain yang berkepentinga dengan cuaca via email tadi, sehingga masyarakat perlu mewaspadainya,” kata Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar, Zakaria SE kepada AcehNews.net di Banda Aceh.

Dia mengatakan, umumnya kondisi cuaca umumnya di Provinsi Aceh dalam dua hari ke depan hujan dengan intensitas ringan hingga sedang dengan tinggi permukaan angin mencapai 3000 feet yang umunya bertiup dari Barat Daya hingga Barat dengan kecepatan  04 hingga 30 kilometer/jam.

Lanjut Kasi Data dan Informasi BMKG Blang Bintang, Aceh Besar dari analisis dinamika atmosfer hujan yang turun disejumlah wilayah di Aceh diprakirakan sore hingga malam hari yang di sejumlah kabupaten yang disebut di atas, disertai petir dan angin kencang.

“Masyarakat dihimbau, sebaiknya menghindar aktifitas di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung, jangan berenang saat hujan, dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan sebab kayu penghantar listrik yang baik,” pesan Zakaria.

Jika berada di dalam kapal, Zakaria menyarankan, agar menjauh dari tiang layar, jangan berdiri secara gerombolan, lebih baik membuat jarak 5 meter, cabut stok kontak listrik saat di rumah, jauhi telepon, bath tub, dan shower karena mudah tersambar petir.

Selain dilanda hujan sedang hingga lebat yang diserai petir dan angin kencang, Provinsi Aceh juga akan mengalami gelombang tinggi  dengan ketinggian maksimum mencapai 2 meter yang dapat terjadi di Perairan Barat-Selatan. (saniah ls)

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *