Basarnas Merauke Dapat Tambahan RIB

MERAUKE | AcehNews.net – Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke mendapat bantuan satu unit Rigid Inflatable Boat (RIB) yaitu perahu berbahan dasar karet dengan lunas fiber glass yang dilengkapi kemudi dari Badan SAR Nasional (Basarnas).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Merauke, Supriyanto Ridwan menuturkan, satu unit RIB itu sudah dalam perjalanan pengiriman dari pusat ke ujung timur nusantara.

“Sementara ini kami menunggu kiriman dari pusat satu RIB jenis speed boat ukuran 12 meter,” terangnya kepada AcehNews.net usai media gathering di Careinn Hotel Merauke, Selasa (3/11/2020).

Dikatakan, sudah ada dua unit RIB yang dimiliki Basarnas Merauke, namun untuk mengoptimalkan sarana pencarian dan pertolongan di area perairan/laut sesuai wilayah kerja mulai dari Merauke hingga Boven Digoel, dan Mappi maka ditambah.

Menurut Suprianto, luasnya kondisi perairan Merauke yang dangkal dan lumpur sangat cocok menggunakan RIB saat petugas Search and Rescue melakukan aksi pencarian, pertolongan dan evakuasi korban. Keunggulan RIB juga bisa bertahan dari terjangan ombak setinggi tiga meter.

Terlebih memasuki musim penghujan dan angin kencang, kecelakaan di laut/perairan sangat rentan terjadi. Personil Basarnas Merauke selalu siaga 24 jam.

“Selama empat bulan saya di sini, yang bagus dan cocok itu RIB dengan kondisi laut kita yang lumpur dan dangkal. Kita harus gerak cepat,” demikian pungkasnya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *