Banda Aceh Mendominasi Kasus Positif Covid-19 Harian di Aceh

BANDA ACEH | AcehNews. Net — Ibukota Provinsi Aceh, Banda Aceh, dilaporkan Tim Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, mendominasi kasus positif harian dalam tiga hari terakhir.

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG,
menyebutkan, kasus harian Coronavirus Disease 2019 (Covid-19) bertambah lagi di Aceh sebanyak 98 orang. Sementara itu, sembilan pasien dilaporkan sembuh, dan lima orang meninggal dunia dalam 24 jam terakhir di Aceh.

“Warga Banda Aceh seyogyanya meningkatkan kewaspadaan dan memperketat protokol kesehatan, karena kasus positif trennya meningkat dalam tiga hari terakhir,” kata SAG itu, Selasa (4/5/2021) di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, pada 2 Mei 2021 Banda Aceh mencatat 23 kasus, atau 34 persen dari 68 kasus konfirmasi positif di Aceh. Hari berikutnya kasus positif harian di Banda Aceh sebanyak 17 orang, atau 33,3 persen dari 56 kasus baru di Aceh.

“Hari ini Kota Banda Aceh kembali menyumbang 30 kasus baru di Aceh, atau sekitar 30% dari 98 kasus positif Covid-19,” sebutnya lagi.  

Selain Kota Banda Aceh, imbuhnya, kasus harin di Aceh Besar, Aceh Tengah, Pidie, dan Kota Lhokseumawe, juga menunjukkan peningkatan dan patut menjadi perhatian. Kasus-kasus harian tersebut, kata SAG, merupakan indikasi bahwa penularan virus Corona dalam masyarakat masih relatif tinggi.

“Kasus harian yang lebih tinggi dari biasanya merupakan alarm untuk meningkatkan kewaspadaan, dan lebih  cekatan mengantisipasinya. Perlu  meningkatkan pengawasan dan monitoring penerapan protokol kesehatan di warung kopi, caffe, pasar, dan tempat-tempat umum lainnya yang acap terjadi kerumunan,” demikian tandasnya.

Data akumulatif kasus Covid-19 di Aceh, per 4 Mei 2021 mencatat, jumlah kasus Covid-19 secara akumulatif sudah mencapai 11.391 kasus. Para penyintas Covid-19 yang sudah sembuh  9.793 orang. Pasien masih dirawat 1.145 orang, dan penderita yang meninggal dunia mencapai 453 orang. (Saniah LS)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *