Atasi Konflik Sosial Wilayah, Kasdam Semangati Peserta Latposko Korem 174/ATW

MERAUKE | AcehNews.net – Korem 174 Anim Ti Waninggap (ATW) melaksanakan operasi bantuan kepada Pemerintah Daerah dalam rangka membantu mengatasi konflik sosial di wilayahnya. Mempersiapkan hal itu digelar latihan Posko I Korem 174/ATW tahun 2020 yang dibuka oleh Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi di Aula L.B. Moerdani Makorem 174/ATW Jalan Poros Tanah Miring Merauke, Papua, Rabu (5/8/2020).

“Tidak ada satuan yang kuat dibangun tanpa melalui program dan latihan satuan yang terencana dengan baik dan dilaksanakan secara sungguh-sungguh,” tegas Kasdam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Bambang Trisnohadi mewakili Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab.

Dia berpesan, seluruh personil latposko memanfaatkan momen tersebut sebaik-baiknya untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan sehingga materi yang diberikan dapat diterapkan pada kondisi nyata di lapangan guna mendukung tugas pokok ke depan.

Mempedomani prosedur dan prinsip mencapai tujuan/sasaran secara optimal. Menurutnya, latposko menjadi kesempatan bagi komandan untuk mengetahui kemampuan stafnya, meningkatkan kerjasama, koordinasi, keterpaduan karena sebagian besar pejabat korem sekarang baru.

“Saya harapkan semua peserta bisa memetik, memahami, menguasai dan lebih meresapi apa yang menjadi tugas kewajibannya pada pelaksanaan operasi penanganan konflik social wilayah. Tetap semangat,” pesan Kasdam.

Dikesempatan yang sama, Danrem 174/ATW Merauke, Brigjen TNI Bangun Nawoko kepada media mengungkapkan, untuk mengantisipasi berbagai kontigensi yang mungkin terjadi khususnya di wilayah kewenangan seperti Merauke, Boven Digoel, Asmat, Mappi, dan lainnya.

Terlebih dalam waktu dekat ada pilkada, tentu saja dikhawatirkan terjadi konflik sosial. Meskipun seharusnya pesta demokrasi saatnya rakyat bersenang-senang memilih pemimpinnya namun aparat keamanan harus mengantisipasi apabila terjadi hal buruk.

“Sesuai undang-undang kita berikan perbantuan kepada pemda, polri dalam program sinergitas. Tugas keamanan diperlukan kerjasama stakeholder dan masyarakat. ingat! Pesta demokrasi saatnya rakyat bersenang-senang memilih pemimpin. Besar harapan kita mendapat pemimpin yang amanah dan mencintai Papua, membuat daerah aman, damai, maju, dan sejahtera. Tak lupa dalam bingkai NKRI, Merah Putih,” terangnya.

Danrem menegaskan, TNI mendukung semua calon pemimpin dengan memberikan rasa aman wilayah, meyakinkan proses demokrasi akan berjalan lancar, aman dan demokratis. Sejalan dengan latihan Posko I Korem 174/ATW bertujuan untuk meningkatkan kemampuan Komandan dan Staf dalam merencanakan, menyiapkan dan melaksanakan operasi yang mencakup hal-hal kerjasama dalam pengambilan keputusan.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kapok Sahli Kodam XVII/Cenderawasih Brigjen TNI Heru Setio, Danrindam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Agung Adhiputra Winatha, Asops Kasdam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Murbianto dan Asrendam XVII/Cenderawasih Kolonel Arh Ignatius Wahyu Jatmiko. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *