Apel HUT Korpri ke-49 di Merauke, Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

MERAUKE | AcehNews.net – Apel Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (Korpri) ke-49 pada 29 November 2020, di Kabupaten Merauke digelar dengan menerapkan disiplin protokol kesehatan pencegahan Covid-19 di halaman Kantor Bupati Merauke, Senin (30/11/2020).

Dihadiri sekitar 100 Aparatur Sipil Negara (ASN) perwakilan KORPRI dari masing-masing unit Korpri sebanyak lima orang lengkap mengenakan masker, menjaga jarak dan mencuci tangan/hand sanitizer.

Ketua panitia HUT Korpri ke-49 Merauke, Harmini, kepada wartawan, usai apel menyebutkan, jumlah peserta apel HUT Korpri dibatasi karena harus menjaga jarak dimasa pandemi virus corona.

“Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya. HUT Korpri tahun ini sebenarnya dilakukan secara virtual pada 29 November, namun karena ada sebagian rekan yang ibadah di hari minggu maka kami laksanakan hari ini,” ungkapnya.

Wakil Bupati Merauke, Sularso, selaku inspektur upacara, saat memberi kata sambutan, memberi apresiasi kepada panitia pelaksana HUT Korpri dan ASN yang hadir, karena mengikuti protokol kesehatan. Ia juga mengajak ASN dimasa pandemi Covid-19 ini agar menjaga kesehatan.

“Dimasa pandemi Covid-19, selain mengikuti prokes saat beraktifitas di luar rumah, juga jangan lupa kita menjaga kesehatan dan tingkatkan imun dengan berolahraga dan makan makanan yang bergizi,” ucapnya.

Wabub juga berpesan, agar ASN dijajarannya di dalam membangun kerja untuk mencapai tujuan, tidak bisa dibebankan kepada sekelompok atau segelintir orang. Namun pembangunan dapat dibangun ketika mampu menjaga kebersamaan sebagai ASN, masyarakat, dan warga negara persatuan Indonesia.

Selain itu Wabub juga meminta ASN dijajarannya agar netral, jelang Pilkada. “Situasi saat ini ASN di Merauke menghadapi dinamika pemerintahan yang terus terjadi. Terlebih menjelang pesta demokrasi pemilihan bupati dan wakil bupati Merauke yang akan berlangsung pada 9 Desember 2020, Pegawai Negeri Sipil harus netral, tidak berpihak terhadap partai politik tertentu agar tidak menimbulkan polemik atau skat,” tegasnya.

Lanjutnya, ASN harus mampu menyesuaikan diri sehingga netralitas bisa dijaga baik. “Bupati dan Wakil Bupati Merauke yang terpilih nanti harus kita dukung dalam kemajuan pelayanan di Merauke,” ujar Wakil Bupati, Sularso.

Orang nomor dua di Kabupaten Merauke ini juga mengimbau Korpri membawa rasa persaudaraan dan menghempaskan perbedaan pandangan politik masyarakat sehingga pilkada serentak, pelaksanaan natal dan tahun baru bisa terlaksana dengan baik.
Sesuai Panca prasetya Korpri yang disebut sebagai sumpah/janji Pegawai Negeri Sipil memiliki tujuan agar dapat menciptakan sosok PNS yang profesional, jujur, bersih dari segala korupsi, kolusi, nepotisme, berjiwa sosial, dan sebagainya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *