Adilla Lathifa, Harumkan Nama Aceh di Indonesia Mengaji Indosiar

BANDA ACEH | AcehNews.net – Membuka kembali jejak nama-nama qariah di Indonesia dengan prestasi internasional, maka salah satu nama yang bisa kita ingat adalah Hajjah Mariah Ulfa. Dengan kekhasannya sendiri dia menjadi primadona bagi para qariah penerus di negeri ini.

Adalah Adilla Lathifa (23). Dara asal Lancot, Banda Aceh ini, lulusan Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh Februari 2020. Dila (panggilan akrabnya) penggemar berat Hajjah Mariah Ulfa. Sejak duduk disekolah dasara ia gemar belajar tilawah al-quran. Dan berkat dorongan orangtua dan keluarga ia pun mulai menjajal kemampuannya sejak 2013 lalu.

Dengan ketekunan dan kesungguhannya belajar tilawah Alquran, tak heran banyak prestasi tingkat lokal bahkan Asia Tenggara yang dideresnya dari berbagai ajang perlombaan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ).

Di Ramadhan 1441 H ini, Dila, kembali menjajal kemampuan Tilawah Alquran dalam program Indonesia Mengaji yang digelar stasiun televisi Indosiar. Pandemi Covid-19 membuat Dila dan peserta lainnya harus bertarung dari rumah dengan mengandalkan teknologi sambung jarak jauh.

Dan dalam program ini secara tak diduga ia pun berjumpa dengan qariah favoritnya yakni Hajjah Mariah Ulfa, yang saat itu menjadi dewan juri.

“Sungguh Allah Maha Kuasa mempertemukan saya dengan ustazah dan saya bahagia sekali meskipun bertemunya jarak jauh hanya melalui layar televisi saja, tapi saya sudah sangat bahagia,” ujar Dila.

Pada putaran babak pertama, Dila mengaji dengan membaca surat Al-Anfal 2-4, dan menurut dewan juri pembawaan Dila yang tenang dan menjiwai ayat yang dibawakan serta system pernafasan yang baik, membuat Dila lolos ke babak berikutnya.

Dan dengan penampilan yang sama ditambah nada suara yang tinggi sesuai dengan lagu tilawah yang dibawakan, akhirnya putri pasangan Rasyidin dan Yulidarni ini terpilih menjadi satu dari delapan pemenang yang dipilih dalam program Indonesia Mengaji dengan hadiah uang tunai dan dipilih menjadi nominasi dari Indonesia untuk mengikuti Musabawah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat internasional mewakili Indonesia oleh Kementrian Agama RI.

“Alhamdulillah, berkah Ramadhan, saya senang sekali atas prestasi kali ini dan doakan saya bisa mewakili Aceh untuk tingkat internasional,” ujar Dila.

Pasca wisuda Februari 2020 lalu, aktifitas Dila didominasi oleh kegiatan TC untuk persiapan mengikuti MTQ Tingkat Nasional yang direncanakan akan berlangsung pada Juni 2020 di Propinsi Banten. Namun apadaya, pandemi Covid-19 membuat jadwal ditunda hingga pandemi berakhir.

pandemi juga membuat aktifitas mengajar mengaji yang dilakukan Dila selama ini berkurang, beberapa santri kini belajar mengaji di kediaman Dila, itupun hanya tetangga dekat saja.

“Santri lain banyak yang pulang kampung ikut orangtua mereka karena libur akibat situasi pandemi ini,” jelas Dila.

Tak salah rasanya jika Aceh dijuluki Serambi Mekkah, karena mengantongi banyak generasi muda yang mampu mempelajari ilmu Alquran dengan baik dan benar. Prestasi Dila di Indonesia Mengaji kali ini kembali menoreh tinta emas untuk Aceh, yang mulai nyaris tak terdengar suaranya di kancah nasional bahkan internasional. (Dara Elchie)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *