Ada Bakso Herbal di Tamiang

KUALA SIMPANG – Menikmati bakso daging, bakso ayam maupun bakso urat, mungkin sudah biasa. Namun bagaimana dengan bakso yang terbuat dari bahan sayur-sayuran atau buah-buahan? Selain rendah kolesterol, bakso herbal ini juga sangat baik untuk kesehatan tubuh karena bergizi dan bervitamin.

Warung Bakso Herbal Jasmine terletak di kawasan Ir. H. Juanda, Kecamatan Karang Baru, Kabupaten Aceh Tamiang. Menurut pemilik warung dan sekaligus pembuat bakso herbal, Mustafa MY, bakso herbalnya terbuat dari bahan dasar sayur-sayuran dan atau buah-buahan.

“Jika bakso bayam, sayur bayamlah menjadi bahan baku utama yang digiling halus lalu dicampur daging sapi. Jika bakso wartel atau bakso buah bit, waortel atau buah bitlah yang menjadi dominan untuk dicampurkan ke dalam daging, tentunya setelah digiling halus,” jelas Mustafa kepada AcehNews.net di warung bakso miliknya.

Lanjutnya, proses pembuatan bakso herbal hampir sama dengan membuat bakso secara umum, hanya bahan-bahannya saja yang berbeda. Namun, yang membuat bakso herbal ini menjadi khas adalah kuah baksonya yang merupakan rebusan air kaldu dicampur dengan tulang sapi dan wortel.

Nah, bumbu untuk kuah bakso adalah ramuan bumbu dari rempah-rempah asal Aceh yang digiling halus seperti kemiri, biji ketapang, kas-kas, bunga lawang kering, merica dan garam. Rempah-rempah yang telah digiling halus itulah yang dimasukkan ke dalam kaldu yang dijadikan kuah bakso. Aroma rempah-rempah menjadikan bakso herbal memiliki cita rasa tersendiri.

Soal penyajian, bakso herbal disajikan tak jauh berbeda dengan penyajian bakso pada umumnya, tergantung selera, bisa dipadu mie putih dan mie kuning, juga bisa ditambahkan daging ayam goreng yang telah disuir-suir, lalu dilengkapi dengan bawang goreng, daun saledri, dan juga kerupuk.

Mustafa mengungkapkan, bakso herbal tersebut merupakan bakso sehat karena tidak menggunakan zat pengawet seperti formalin atau boraks . Harganya juga sangat terjangkau, hanya Rp10 ribu/porsi.

“Saya mulai usahanya sejak dua bulan lalu,” kata Mustafa.

Meski masih hitungan bulan, warung bakso herbal miliknya sudah mulai memiliki pelanggan tetap, bahkan setiap hari pengunjung yang datang juga silih berganti. Saat ini dalam sehari omset yang diperoleh mulai dari Rp500 ribu hingga Rp1 juta.

Nah, bagi Anda penggemar bakso, jangan khawatir kini sudah ada bakso yang sehat, bergizi, dan penuh vitamin, apalagi kalau bukan bakso herbal yang berada di Karang Baru, Aceh Tamiang. (vio)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *