Aceh Tengah Jadi Pilot Projek Keamanan Pangan

AcehNews.net|TAKENGON – Kabupaten Aceh Tengah ditetapkan sebagai pilot Projek program reorientasi penyelenggaraan keamanan pangan bertajuk Desa Pangan Aman atau yang populer disingkat PAMAN

Hal tersebut diungkapkan Kadis Kesehatan Aceh Tengah, dr. Sukrimaha, dalam siaran pers Senin (15/02/2016) di Takengon, Aceh Tengah.

Menurut Sukri kepastian penetapan Aceh Tengah jadi pilot projek PAMAN di Provinsi Aceh setelah pertemuan pihaknya dengan Balai Besar POM Aceh pada Jum’at (12/02/2016) lalu di Takengon.

“Kita sudah bahas terkait dipilihnya Aceh Tengah sebagai pilot projek PAMAN langsung dengan Kepala Balai Besar POM Aceh,”jelas Sukri.

Disebutkan Sukri, penetapan PAMAN kepada Aceh Tengah harus disikapi serius dan melibatkan kesadaran dan prilaku masyarakat dalam menyikapi keamanan pangan.

“Ini berarti ada upaya untuk meningkatkan kemandirian masyarakat dalam menjamin pemenuhan kebutuhan pangan yang aman hingga tingkat individu atau keluarga,”kata Sukri.

Lalu tujuan akhirnya, kata Sukri, melalui program PAMAN diharapkan dapat memperkuat ekonomi Desa sesuai dengan sasaran dan prioritas nasional bidang kesehatan, yaitu; peningkatan status gizi masyarakat, pengendalian penyakit menular, dan peningkatan efektifitas pengawasan makanan dalam rangka peningkatan keamanan mutu dan pangan yang beredar. (Ads)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *