81 Rohingya Terdampar di Aceh Timur

IDI | AcehNews. Net – Puluhan manusia perahu pencari suaka pengungsi etnis Rohingya Kembali terdampar di Pulau Idaman, Kecamatan Simpang Ulim, Kabupaten Aceh Timur, Jum’at (4/6/2021).

Menurut laporan dari Danramil Simpang Ulim, Kapten Inf M. Kaoy mengatakan, terdamparnya puluhan manusia perahu atau tepatnya 81 etnis rohingya di Pulau Idaman Kecamatan Simpang Ulim, Aceh Timur yang berjarak 70 Km dari Wilayah Lhokseumawe.

Pendaratan etnis rohingya sekitar pukul 07.00 WIB dengan menggunakan satu Unit kapal dan mendarat ke pulau tersebut menggunakan dua unit perahu karet. Sebanyak 81 etnis rohingya terdiri dari dewasa dan anak-anak diantaranya 22 laki-laki dan 59 perempuan.

Danramil Simpang Ulim, Kapten Inf Kaoy mengatakan, penanganan oleh Forkopimda dengan melakukan penyekatan terhadap warga pengunjung, dan melakukan pemeriksaan kesehatan awal kepada puluhan etnis rohingya dibantu personel TNI-Polri Aceh Timur dengan protokol kesehatan serta menyiapkan kebutuhan logistik sebagai bentuk penanganan awal.

Sementara itu, Camat Simpang Ulim T. Jalaludin menyebutkan, telah melakukan koordinasi dengan pihak UNHCR untuk proses penanganan selanjutnya.

“UNHCR sedang menyusun joint response dengan IOM, JRS, dan Geutanyo yang akan mengirimkan dua staf UNHCR nantinya diluncurkan ke lokasi, satu dari Medan dan satu dari Lhokseumawe dengan membawa bantuan kemanusiaan. Staf akan diberangkatkan hari ini atau selambatnya besok sudah tiba di lokasi,” kata Camat Jalaludin.

Saat ini, lanjutnya, dari TNI Koramil Simpang Ulim jajaran Kodim 0104/Aceh Timur dan Polres, sudah disiagakan di lokasi, sambil menunggu dari pihak UNHCR akan membawa satu penterjemah Rohingya ke lokasi dan juga mitra UNHCR di Lhokseumawe YKMI. (Syahrul)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *