7 Mei, Ada Festival Ramadhan di Banda Aceh

BANDA ACEH | AcehNews.net – Aceh sebagai sebuah daerah yang kental nuansa Syariat Islamnya terus berbenah dan mempercantik diri, sebagai tuan rumah wisata halal, menyambut wisatawan untuk menikmati pesona wisata Aceh, khususnya pesona wisata religi di saat Ramadhan, dengan tagline wisatanya “Wonderful Rahmadhan in Aceh”.

Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) akan menyapa masyarakat dan wisatawan di awal Ramadhan 1440 H, melalui even wisata religinya “Festival Ramadhan 2019” yang akan menyuguhkan ragam even menarik bernuansa Islami.

Kepala Disbudpar Aceh, Jamaluddin, Ahad (5/5/2019) menyebutkan, Ramadhan adalah bulan pengampunan, perlu disambut dengan perasaan suka cita.

“In shaa Allah. Kita akan sambut kedatangan Ramadhan tahun ini dengan perasaan penuh suka dan cita. Pemerintah Aceh melalui Disbudpar, akan meggelar Festival Ramadhan 2019 di Taman Budaya, Banda Aceh, sebagai salah satu even wisata Islami yang akan menyemarakkan Ramadhan tahun ini,” sebut Jamal.

Jamal menambahkan bahwa Festival Ramadhan 2019 akan menjadi sebuah even menarik dan membawa pengalaman baru bagi wisatawan muslim selama berada di Aceh.

“Festival Ramadhan 2019, tidak hanya untuk memperkenalkan Aceh sebagai destinasi wisata halal dengan sebutan Serambi Mekkah yang sarat dengan budayanya yang Islami, sehingga wisatawan dapat menikmati pesona dan keunikan wisata Ramadhan saat berada di Aceh dan memperkuat positioning Aceh sebagai Destinasi Wisata Halal unggulan di Indonesia dan Internasional. Juga kami mengajak wisatawan muslim baik di tanah maupun luar negeri untuk melaksanakan ibadah puasa di Aceh dengan penuh khidmat dan berkah sebagai sebuah sensasi dan pengalaman baru,“ demikian jelas Jamal.

Ragam Kegiatan Islami

Kepala Bidang Pemasaran Disbudpar Aceh, Rahmadhani mengharapkan, dukungan masyarakat Aceh khususnya dan wisatawan muslim umumnya untuk memeriahkan Festival Ramadhan 2019 yang akan menjadi even tetap dalam kalender even tahunan Aceh.

Festival Ramadhan 2019, kata Rahmadhani, akan digelar selama dua minggu dari 7 hingga 21 Mei yang dimulai pukul 16.30 hingga 20.00 WIB. Kemudian dilanjutkan kembali pada pukul 21.30 WIB hingga selesai, yang even ini berpusat di area Taman Budaya, Banda Aceh. Ada ragam kegiatan menarik yang bersifat Islami, seperti Opening Ceremony, Bazar dan Kuliner, Jajanan Berbuka Puasa, Pentas dan Lomba Seni Budya Islami, Pameran Budaya Islami, Pemutaran Film Islami, Buka Puasa, Tausyiah dan kegiatan pendukung menarik lainnya, seperti lomba seni Islami, adzan, mewarnai, nasyid, dalail, dan lain sebagainya.

“Selama acara berlangsung, penyelenggara juga akan membagikan takjil gratis kepada masyarakat, shalat tarawih berjamaah, buka puasa bersama, santunan anak yatim dan lelang baju artis nasional, yang hasil lelang akan disumbangkan kepada anak yatim piatu dan kaum dhuafa, ” sebut Rahmadhani.

Rahmadhani menambahkan, Festival Ramadhan 2019 akan menampilkan nuansa unik dan menarik dengan aneka dekorasi budaya Aceh yang Islami dalam rangka memberikan pengalaman baru bagi para pengunjung Festival Ramadhan 2019.

“Semoga wisatawan muslim, khususnya wisatawan Malaysia akan menjadikan Festival Ramadhan 2019 sebagai salah satu paket wisata favorit keluarga mereka saat berada di Aceh,” demikian pungkas Rahmadhani. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *