6 Tools Webinar ini Paling Sering Dipakai untuk Meeting Virtual, Zoom Terbanyak Dipakai

AcehNews.net – Faktanya, semenjak Covid-19 membuat panik seluruh dunia beberapa perusahaan malah naik daun. Ketika semua pertemuan diadakan secara virtual, perusahaan yang memegang kendali atas hal yang bersifat daring menjadi terkenal. Ada beberapa perangkat lunak yang bisa digunakan untuk Webinar Online :

1. Google + Hangouts
Ringan, tidak terlalu banyak memakai memori, ramah untuk ponsel dan cukup punya aplikasi google, maka Google Hangouts menjadi salah satu pilihan untuk webinar. Selain itu, Google Hangouts juga gratis. Cukup punya akun google maka google Hangouts sudah dapat diakses. Untuk peserta yang lebih banyak disarankan menggunakan Hangouts Meet.

2. Facebook Live
Puluhan juta orang di dunia menggunakan facebook terutama generasi yang lebih tua cenderung menggunakan facebook. Nah, saat ini facebook terus melakukan perbaikan, salah satunya adalah forum. Forum fungsinya untuk diskusi, bisa mengajak beberapa orang. Facebook live juga bisa, orang-orang akan menonton lalu seberes live bisa dishared juga. Selain itu, bisa diatur juga siapa yang bisa mengaksea webinar tersebut.

3. YouTube Live
Sebenarnya ini bukan layanan webinar namun untuk memperluas jangkauan penonton. Orang-orang bisa menonton webinar tersebut dengan jangkauan lebih ramai dan bisa dishared seberes webinar.

4. Panggilan Grup Skype
Untuk 25 orang peserta, Skype bisa jadi pilihan. Bentuknya semacam video call grup. Dengan fitur Siaran Rapat Skype (bagian dari Skype untuk bisnis), webinar ini bisa disiarkan kepada 10.000 peserta sekaligus. Fitur Skype keren lainnya yang bisa berguna adalah berbagi layar.

5. Cisco Webex
Cisco Webex adalah salah satu tool pertemuan dan acara hosting online yang lebih populer. Kelebihannya bisa digunakan unruk acara hosting kepada 3.000 orang, pertemuan hingga 40.000 orang, atau pelatihan (termasuk pengujian dan penilaian) hingga 1.000. Bisa membuat screenlayar untuk menampilkan powerpoin dan bisa diatur siapa yang akan berpartisipasi.

6. Blackboard Berkolaborasi
Blackboard for Business adalah web conferencing yang biasanya digunakan untuk pelatihan. Sangat mungkin untuk dimulai dari pendaftaran webinar, membuat rencana pelatihan, mengintegrasikan video, dan banyak lagi.

7. Zoom
Untuk pertemuan 45 menit, zoom gratis. Fitur yang dimiliki juga tersedia gratis dan mudah menjadi hosting. Zoom sekarang tampaknya sedang berada di atas angin karena menjadi salah satu aplikasi meeting online yang mengalami pertumbuhan sangat luar biasa menyusul serangan wabah Covid 19 di seluruh dunia. Aplikasinya tersedia di berbagai platform, mobile dan desktop dan dapat menampung lebih dari 100 pengguna dalam satu meting.

Zoom saat ini memiliki lebih dari 30.000 klien korporat termasuk Samsung, Uber, Walmart, dan Capital One dengan keuntungan sebesar 35 miliar dolar AS. Pandemi sudah membuat star up zoom naik daun, siapakah sebenarnya yang ada dibelakang zoom? Eric Yuan adalag pendiri zoom, termasuk dalam 178 pendatang baru orang terkaya yang berasal dari 20 negara, menurut catatan Forbes. (Nita Juniarti/dari berbagai sumber)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *