5 Rohingya Diselamatkan Nelayan Aceh Timur di Tengah Laut

BANDA ACEH | AcehNews.net – Kapal nelayan Kuala Idi Aceh Timur menemukan lima warga muslim Rohingnya yang terombang-ambing di laut lepas Indonesia dengan sampan tanpa mesin beberapa hari yang lalu. Mereka ditemukan Jum’at (6/4/2018) dinihari.

Kelima warga Myanmar muslim Rohingya itu terdiri dari dua orang laki-laki, dua wanita dan satu anak laki- laki, yakni Muhammad Ilyas (33), Umor Syidik (28), Kamal Huson (8), Mominah (20), dan Syamimah (15), kelimanya dalam keadaan lemas.

Danpos Lanal (TNI-AL) Kuala Idi H.B. Aris Santo, muslim Rohingnya tersebut ditemukan oleh Kapal Kurnia King yang sekitar 167 mil dari Kuala Idi, pada Senin malam (2/4/2018) sekira pukul 20:00 WIB dan baru tiba kedaratan Aceh Timur, Jum’at (6/4/2018) dinihari sekira pukul 02:00 Wib.

“Etnis Muslim Rohingya yang terdampar tersebut ditemukan oleh kapal nelayan empat hari yang lalu di lautan lepas, karena begitu jauh sehingga sekarang baru sampai kedaratan Aceh Timur,” ujarnya saat dikonfirmasi.

Ketika tiba di Aceh Timur, pihaknya langsung menghubungi Tim SAR dan paramedis, kelima muslim Rohingya tersebut pun langsung dibawa ke Rumah Sakit Zubir Mahmud menggunakan mobil ambulans untuk mendapat perawatan.

Belum diketahui pasti penyebab hanyutnya muslim Rohingnya tersebut, namun diduga kasus mereka sama seperti Kasus- kasus muslim Rohingya yang di temukan hanyut sebelumnya. (hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *