30 Jurnalis Ikut UKW ANTARA di Banjarmasin

BANJARMASIN | AcehNews.net.
Masih dalam rangkaian Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2020, sebanyak 30 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia mengikuti Uji Kompetensi Wartawan (UKW) yang diselenggarakan LKBN ANTARA di Banjarmasin, Kalimantan Selatan, Senin (10/2/2020).

Ketua panitia sekaligus Sekretaris Umum Perum LKBN ANTARA, Sri Wahyuni, menjelaskan, pelaksanaan UKW akan dilakukan selama dua hari,10 hingga 11Februari. Ia juga menyebutkan, UKW Uji Kompetisi Wartawan Program Bina Lingkungan ini diikuti sebanyak 30 jurnalis dari berbagai daerah di Indonesia.

“Sebanyak 24 jurnalis non ANTARA,10 diantaranya dari Forum Jurnalis Perempuan Indonesia, sedangkan sisanya, enam lagi dari ANTARA,” sebutnya.

Direktur Utama LKBN ANTARA, Meidyatama Suryodiningrat yang akrab disapa Dimas mengatakan, menurutnya ada tiga profesi yang bekerja berdasarkan etika yaitu dokter, penegak hukum, dan jurnalis.

Ia juga mengucapkan terima kasih kepada Forum Jurnalis Perempuan Indonesia (FJPI) yang telah mengirimkan anggotanya untuk mengikuti UKW. Dimana menurutnya, keberadaan perempuan dijajaran direksi dan redaksi sangat penting. Oleh karena itu melalui UKW ia mengharapkan jurnalis Indonesia dapat kerja profesional, kompeten dengan menjunjung nilai-nilai etika.

“Selamat mengikuti UKW, saya doakan semuanya bisa lulus 100 persen, dan memegang sertifikat sebagai wartawan profesional yang kompeten,” ujarnya.

Turut hadir dalam pembukaan itu Direktur Pemberitaan (Dirpem) Perum LKBN ANTARA, Akhmad Munir serta Direktur UKW PWI, Prof. Dr. Rajab Ritonga yang turut menyampaikan pesannya kepada peserta ketika pembukaan.

Pada kesempatan tersebut, Sekjen FJPI Khairiah Lubis memberikan piagam penghargaan kepada LKBN ANTARA yang telah mengundang 10 orang jurnalis perempuan untuk mengikuti UKW di Banjarmasin. Ia berharap kerjasama serupa bisa terus berlanjut. (Saniah LS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *