Yuk, Mandi-Mandi di Ie Dikila Blangpidie  

Aceh merupakan wilayah yang kaya dengan berbagai objek wisatanya, baik alam maupun wisata sejarah, tidak heran saat ini banyak wisata Aceh yang dikunjungi oleh para pemuda meskipun belum dikenal secara nasional. Salah satu kabupaten di Aceh yang mempunyai tempat wisata yang tidak kalah menariknya adalah objek wisata Ie Dikila.

Ie Dikila merupakan sebuah tempat wisata dengan objek utamanya sungai. Ie Dikila terletak di desa Panton Raya, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh. Ie Dikila biasanya ramai di kunjungi  pada hari libur. Biasanya pengunjung yang mandi di sini membawa ban sendiri karena belum tersedianya jasa sewa ban di tempat ini.

Objek wisata pemandian Ie Dikila di Blangpidie, Abdya|Nita Juniarti

Objek wisata pemandian Ie Dikila di Blangpidie, Abdya|Nita Juniarti

Senja di pemandian Ie Dikila di Blangpidie, Abdya|Nita Juniarti

Senja di pemandian Ie Dikila di Blangpidie, Abdya|Nita Juniarti

Penorama di Ie Dikila ini masih asli dan aliran sungainya dikelilingi oleh gunung dan airnya sangat dingin. Pendapatan masyarakat sekitarnya biasanya bertani atau ke gunung menanam pala, dan lain-lain.

Jarak Ie Dikila dengan Kota Banda Aceh sekitar 8 jam perjalanan darat dengan menggunakan angkutan umum L300.  Untuk mencapai Ie Dikila disaranka sebainya menggunakan kendaraan bermotor atau mobil pribadi, jika memakai angkutan umum, Anda hanya diantar sebatas jalan besar, dan tidak sampai ke objek wisata Ie Dikila. Untuk melanjutkannya, Anda pun harus berjalan kaki.

Oh ya, sebelum sampai ke Ie Dikila ada penjual yang menjual sop buah, rujak, mie goreng, nasi goreng, dan kuliner lainnya yang cukup menggugah selera. apalagi setelah selesai mandi biasanya lapar, maka warung-warung di objek wisata yang masih naural ini adalah pilihan tepat. Selain tidak dipungut biaya masuk, panorama alamnya saat senja mampu membuat kita ingin bertandang lagi ke sini.

Nah, jika Anda  “pemburu” sunset (matahari terbenam), maka Ie Dikila adalah pilihan tepat untuk di kunjungi. Karena di tempat ini, Anda  bisa melihat sunset dengan background (latar belakang) pergunungan dan jembatan. Indah bukan? (nita juniarti)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com