Yuk Bikin Pupuk Cair dari Kulit Pisang

BANDA ACEH | AcehNews.net – Masa pandemi Covid-19, banyak masyarakat menghabiskan waktu bercocok tanam di halaman kosong perkarangan rumah dan atau berkebun di tanah kosong yang terbiar selama ini (lahan tidur res). Sehingga penyediaan dan permintaan pupuk organik pun menjadi meningkat.

Masyarakat tidak saja rajin berkebun dan menemukan inovasi baru untuk mencegah hal tidak baik masuk ke dalam tubuh. Dan mulai meninggalkan pupuk yang mengandung bahan kimia.

Nah, Untuk berkebun tentu diperlukan pupuk. Pupuk yang dibutuhkan jika dibeli masih mengandung senyawa kimia. Apa salahnya jika Anda membuat pupuk organik sendiri, selain ramah lingkungan dan lebih sehat.

Jurnalis kami, AcehNews.net, mempraktekan langsung cara membuat pupuk cair dengan kulit pisang dan membagikannya untuk Anda yang senang berkebun. Cara pembuatanya diambil dari salah satu akun IG yang menuliskan bahwa kulit pisang bisa menjadi pupuk cair. (Dikutip dari instagram :

Cara Pembuatannya

Akhirnya percobaan dilakukan. Kulit pisang dimasukkan ke dalam wadah tertutup berisi air selama tiga hari ternyata membuat zat dalam kulit pisang keluar dan setelah tiga hari langsung jadi pupuk.

Oh iya, jika ingin dipakai jangan lupa campurkan air ya. Seminggu sekali dipakai ke tanaman agar pertumbuhan maksimal dan tidak banyak hama putih.
(Nita Juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *