Wilayah Tengah, Barat, dan Selatan Aceh,
Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang  

BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, memprakirakan hujan dengan intensitas sedang dan lebat yang disertai petir dan angin kencang diprakirakan dapat terjadi di sejumlah wilayah di Aceh pada 13 hingga 14 April 2015.  Sejumlah wilayah tersebut yaitu Aceh bagian Tengah, Barat, dan Selatan.

Untuk itu BMKG memintah masyarakat agar tetap waspada dengan kondisi cuaca tersebut dalam dua hari ke depan.  “Kami melihat dari Satelit Citra, 13 hingga 14 April 2015, kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Aceh Tengah, Barat, dan Selatan,“ kata prakirawan Rahmad Tauladani, Ahad (12/4/2015) melalui keterangan pers yang dikirimkan melalui email.

“Masyarakat sebaiknya menghindar aktivitas di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung, jangan berenang saat hujan, dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan sebab kayu penghantar listrik yang baik,” pesannya.

Lanjut Rahmad, jika berada di dalam kapal sarannya lagi agar menjauh dari tiang layar, kemudian jangan berdiri secara gerombolan, lebih baik membuat jarak 5 meter, cabut stok kontak listrik saat di rumah, jauhi telepon, juga bath tub, dan shower. Karena jika tidak akan mudah tersambar petir.

Dua hari ke depan, wilayah yang akan mengalami hujan dengan intensitas sedang yaitu, Kutacane, Takengon, Blang Pidie, Blang Kejeren, Calang, Suka Makmue, dan Simpang Tiga Redelong.  Sedangkan Lhokseumawe, Banda Aceh, dan Sabang hujan yang turun diprakirakan dengan intensitas ringan.

“Pada umumnya kondisi cuaca di Aceh dua hari ke depan, 13 sampai dengan 14 April mendatang, kondisinya berawan dan hujan ringan hingga sedang. Sedangkan ketinggian angin dipermukaan sampai 3.000 feet yang umumnya bertiup dari arah Timur Laut hingga Tenggara dengan kecepatan 10 hingga 25 Kilometer per jam,” tutur prakirawan Rahmad.

Sementara, ketinggian gelombang di perairan Banda Aceh, Sabang, Simeulue, dan Meulaboh, ketinggiannya diprakirakan mencapai maksimum 1,5 meter. Sedangkan perairan Samudera Hindia di wilayah Barat Aceh ketinggian maksimum 2,0 meter.  (saniah ls)

 

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *