Terjadi di Sejumlah Wilayah Aceh,
Waspada Hujan Lebat Disertai Petir dan Angin Kencang  

AcehNews.Net|BANDA ACEH – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar, mengeluarkan peringatan kepada masyarakat Aceh yang tinggal di wilayah Barat, Selatan, Utara, dan Timur Aceh agar mewaspadai turunnya hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang yang diprakirakan terjadi dua hari ke depan, 22 hingga 23 Sepetember 2015.

Sejumlah kabupaten/kota yang akan dilanda hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang dapat terjadi di Kutacane, Sinabang, Idi Rayeuk, dan Karang Baru. Prakirawan Syahrir mengatakan, umumnya kondisi cuaca di Aceh dalam dua hari ke depan hujan ringan hingga sedang dengan angin permukaan ketinggiannya mencapai 3.000 feet yang bertiup dari arah Selatan hingga Barat Daya dengan kecepatan  05 hingga 34 kilometer/jam.

“Masyarakat dihimbau, sebaiknya menghindar aktifitas di tempat terbuka, lebih baik berlindung di dalam mobil atau gedung, jangan berenang saat hujan, dan jangan berdiri dibawah pohon ketika hujan sebab kayu penghantar listrik yang baik,” pesan Syahrir.

Jika berada di dalam kapal, Syahrir menyarankan, agar menjauh dari tiang layar, jangan berdiri secara gerombolan, lebih baik membuat jarak 5 meter, cabut stok kontak listrik saat di rumah, jauhi telepon, bath tub, dan shower karena mudah tersambar petir.Selain wilayah Aceh Barat, Selatan, Utara, dan Timur akan mengalami hujan lebat yang disertai petir dan angin kencang, juga mengalami gelombang tinggi dengan ketinggian maksimum mencapai 2,5 meter.

“Itu untuk perairan Barat-Selatan 2,5 meter, sedangkan Timur-Utara diprakirakan 1,5 meter. Sementara perairan Sabang dan Badna Aceh diperkirakan ketinggian gelombang mencapai maksimum 2 meter,” demikian penjelasan prakirawan Syahrir kepada AcehNews.Net , Senin (21/9/2015), di BMKG Blang Bintang, Aceh Besar.  (saniah ls)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *