Wartawan Merauke Semarakkan Hari Pers Nasional 2021, Peduli Masa Pandemi

MERAUKE | AcehNews.net – Wartawan Merauke menyemarakkan Hari Pers Nasional (HPN) 2021 dengan berbagi masker dan makanan, Selasa (9/2/2021). Aksi peduli berbagi masker sebanyak 350 picis dan 50 nasi kotak dilaksanakan sejak pagi menyasar pengguna jalan di Lingkaran Brawijaya dan pedagang pasar Wamanggu. Dilanjutkan sore hari berbagi masker sebanyak 150 picis kepada pedagang Pasar Baru terutama Orang Asli Papua (OAP).

Jusnalis senior, Yulius Sulo dari Cenderawasih Pos menuturkan, tali asih wartawan Merauke didukung sejumlah mitra bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran Coronavirus Desease. Salah satunya menggunakan masker. Sejalan dengan tema HPN 2021 ‘Bangkit dari pandemi, Merauke Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan’.

“Wartawan memiliki peran untuk mengedukasi kepada masyarakat bagaimana memutus mata rantai Covid-19. Selain memberikan informasi melalui berita, wartawan juga terlibat langsung ikut serta membantu pemerintah. Ini wujud tali asih wartawan kepada masyarakat terutama mama-mama Papua di masa pandemi,” kata pria berdarah Toraja ini.

Momentum HPN kali ini, wartawan Merauke juga menghelat acara ramah tamah yang difasilitasi Owner Rumah Kopi D’Waroeng (RKD) di Jalan Hindun Merauke, Bripka Jasman Tristanto dengan mengundang pimpinan TNI-Polri diantaranya Kapolres Merauke, AKBP Untung Sangaji, Dandim 1707/Merauke, Letkol Czi. Muh Rois Edy Susilo, Danrem 174/Anim Ti Waninggap (ATW) yang diwakili Kapenrem 174/ATW, Mayor Inf. La Haruni, Wakapolres Merauke, Kompol L. Yoga dan Kabag Ops, AKP Micha Toding.

Bahkan, Kabag Humas Polres Merauke, AKP Ariffin dan Aipda Andre, Bamin Penrem 174/ATW, Serma Budi Prayitno, Humas Basarnas Merauke, Darmawan serta seorang pengusaha Merauke, Charles Gomar turut serta di lapangan bersama komunitas wartawan Merauke berbagi tali asih.

Kepala LPP RRI Merauke, Mochamad Bugi Hidayat, dalam sambutanya pada acara ramah tamah mengungkapkan, berdasarkan survei, Indonesia adalah negara dengan pemilik media terbesar di dunia. Terlebih era digitalisasi, informasi dapat tersiar tanpa batas ke seluruh dunia sehingga peran wartawan memberikan informasi, edukasi, pendidikan dan pencerahan melalui berita kepada masyarakat.

“Sudah selayaknya sebagai insan pers menjadi mitra terbaik pemerintah. Pers menjadi jembatan bagi pemerintah memberikan hal terbaik dimasa pandemi. Satu kali tulisan bisa berjuta-juta manusia terpengaruh. Dihari pers nasional ini semoga wartawan Merauke bersama-sama membangun tanah anim ha dengan motto izakod bekai izakod kai (satu hati satu tujuan),” pesan Mochammad Bugi Hidayat.

Dikesempatan yang sama, Perwakilan wartawan perempuan, Istya Sari Utami dari Arafura News dalam laporannya mengatakan, sekian lama vakum akhirnya pers Merauke dapat merayakan HPN 2021 yang merupakan swadaya wartawan dan dukungan sejumlah mitra dengan menyoroti aksi sosial.

“Kami merasa momentum yang sangat penting dan tepat tepat untuk melakukan kegiatan sosial dan kebersamaan dengan membidik masyarakat Merauke yang terdampak pandemi Covid-19,” demikian tandasnya.

Pantauan AcehNews.net, ramah tamah diwarnai pemotongan tumpeng oleh wartawan senior Yulius Sulo dan Abdel Syah. Selanjutnya, Kapolres Merauke bersama Dandim 1707/Merauke diberikan kesempatan untuk menyerahkan tumpeng kepada wartawan senior, Jack Resubun dan wartawan termuda, Johan. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *