Warga Gotong Royong Bersihkan Puing Kebakaran

TAKENGON – Warga Pasar Pagi Lama yang saat ini masuk dalam wilayah administrasi Kampung Kute Ralik Kecamatan Lut Tawar mulai bergotong royong membersihkan puing-puing sisa kebakaran yang menyebabkan hangus dan rusaknya sejumlah rumah warga.

“Hasil koordinasi dengan Reje (Kepala Kampung) dan instansi terkait, disepakati pada 2 Mei 2015, pukul 09.00 WIB dimulai kegiatan gotong royong membersihkan sisa-sisa kebakaran,” ungkap Camat Lut Tawar, Ishak  kepada AcehNews.net.

Pantauan di lokasi, terlihat sejumlah warga dengan peralatan seadanya dibantu petugas kebersihan secara perlahan dan hati-hati membersihkan lokasi bekas kebakaran yang selama ini dibatasi garis polisi. Tampak pula beberapa warga yang rumahnya terbakar juga memperhatikan disisi jalan, namun ada juga warga korban yang turut membersihkan puing-puing, sambil mencari sisa barang berharga miliknya.

“Satu atau dua hari ini, diharapkan bekas kebakaran sudah berhasil dibersihkan,” demikian Ishak Seperti diwartakan sebelumnya, kebakaran di pasar pagi lama menyebabkan hangusnya delapan rumah, satu rumah rusak berat, dan 12 rumah lainnya terkena imbas dengan dampak kerusakan ringan.

Pemkab Aceh Tengah, pada 1 Mei lalu, telah menyalurkan secara proporsional bantuan berupa sejumlah dana dan logistik seperti seperti perlengkapan masak, pakaian, matras serta sembako. Turut mendampingi bupati ketika menyerahkan bantuan Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Arm. Ferry Ismail, Kapolres AKBP, Dodi Rahmawan, dan Ketua DPRK Aceh Tengah, Muchsin Hasan, serta beberapa pejabat terkait lainnya.

Nasaruddin mengatakan, korban kebakaran perlu mendapat perhatian dari masyarakat lainnya.” Pemkab sudah memberi bantuan, tapi itu tidak seberapa, saudara kita yang menjadi korban kebakaran hampir tidak punya apa-apa lagi, karenanya dibutuhkan perhatian masyarakat untuk meringankan beban korban,” ujar Nasaruddin.

Bupati Aceh Tengah mengatakan, jika ada masyarakat yang ingin membantu, bantuan bisa disalurkan langsung kepada korban atau melalui perangkat kampung maupun kecamatan setempat. (emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *