Warga Deah Raya Bubarkan Pengajian Sesat di Makam Syiah Kuala

BANDA ACEH | AcehNews.net – Puluhan warga di sekitar Komplek Makam Syiah Kuala yang berada Gampong Deah Raya, Kecamatan Syiah Kuala, Banda Aceh mengamankan sejumlah lelaki yang diduga melakukan kegiatan aliran sesat, Rabu malam (8/8/2019) sekira pukul 22.55 WIB.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kapolsek Kuta Alam, AKP Edi Saputra mengatakan, peristiwa ini awalnya diketahui dari informasi masyarakat tentang adanya kegiatan kajian yang diduga sesat sehingga mengundang reaksi warga sekitar.

“Puluhan warga mengerumuni sejumlah lelaki yang diduga sesat ini, kita bersama Polresta Banda Aceh langsung ke lokasi untuk mencegah hal yang tak diinginkan,” ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (8/8/2019).

Sejumlah lelaki itu pun langsung diamankan sementara ke Mapolsek Syiah Kuala. Disana, lanjut Kapolsek, diadakan musyawarah antara kepolisian dengan MPU Kota Banda Aceh dan sejumlah pihak terkait lainnya. Hadir Ketua MPU Kota Banda Aceh, Tgk Damanhuri, Keuchik Gampong, Mukim dan lainnya.

“Hasil koordinasi ini yaitu setiap ada pengajian di wilayah Banda Aceh, khususnya di Komplek Makam Syiah Kuala agar melaporkan kepada perangkat gampong setempat. Terkait kajian yang diduga aliran sesat ini akan dikaji ulang oleh MPU Kota Banda Aceh dan akan dilakukan pendalaman di kantor MPU terhadap mereka,” jelasnya.

Para lelaki yang diamankan yakni Muhammad Yahya yang diamankan di Mapolsek Syiah Kuala guna penyelidikan lebih lanjut. Kemudian, Zakaria yang dijamin dan diberikan pembinaan oleh Ketua Mukim Syiah Kuala, Tgk Zainuddin Ubit. 

Lalu, sambung mantan Kapolsek Lueng Bata ini, seorang lelaki lainnya bernama Alfi yang sementara dititipkan kepada keluarga dan sewaktu-waktu akan dihadirkan kembali untuk memberikan keterangan lebih lanjut terkait kajian yang dilakukan. (Teks: Hafiz Photo: Ist)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com