Unik, Di Nagan Raya-Aceh, Mobil Pengantin Perempuan Ditarik dengan Rambut

BANDA ACEH | AcehNews.net  – Pernikahan merupakan proses yang sangat penting bagi pengantin dan pihak keluarga yang biasanya selalu diiringi dengan proses secara adat. Di Aceh, 23 kabupaten/kota nya, memiliki adat prosesi pernikahan yang berbeda-beda, seperti di Kabupaten Nagan Raya, mobil pengantin wanita ditarik dengan rambut.

Unik memang. Sehingga pesta pernikahan di sana pun sangat dinanti-nantikan untuk iiabadikan, baik dalam bentuk video maupun foto.

Di dalam video yang diunggah di media sosial terlihat, mobil pengantin perempuan sebelum sampai di rumah pengantin laki-laki disambut dengan atraksi unik dari pihak keluarga laki-laki. Orang Aceh menyebut adat menunggu penganti perempuan ke rumah penganti laki-laki, tung dara baro (menjemput pengantin perempuan).

Seorang lelaki berbadan kekar terlihat sudah menunggu di depan jalan, begitu pun dengan tokoh adat dan masyarakat setempat.  Seorang lelaki yang dipertuakan,  terlihat dalam video tersebut mengikat tali di mobil pengantin perempuan yang baru tiba. Tali itu kemudian diikat ke rambut laki-laki berbadan kekar tersebut.

Lelaki yang diikat rambutnya dengan tali itu menarik mobil pengantin perempuan dengan dibantu beberapa warga masyarakat. Prosesi adat ini dilakukan oleh para lelaki dari pihak keluarga laki-laki secara bergotong royong meski tali bersimpu pada rambut laki-laki berotot tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun AcehNews.net, pesta pernikahan dari pasangan bernama Teuku Malikon dan Uswatul Hassanah di daerah Lhok Meujid, Nagan Raya, Aceh, Ahad (18/03/2018).

Salah satu rombongan dari antar Dara Baro (Pengantin Perempuan), Muhammad Mauliza mengatakan, mobil tersebut ditarik sebagai acara adat penyambutan tamu dari pihak pengantin laki-laki dan itu dilakukan sebelum penganti keluarga dan rombongan sampai di rumah pengantin laki-laki.

“Acara intat Dara Baro (antar pengantin perempuan), sebelum sampai ke rumah pengantin laki-laki, mobil kami disambut dengan atraksi ditarik pakai rambut,” cerita Muhammad Mauliza kepada AcehNews.net.

Saat ditanya proses penarikannya, awalnya mobil pengantin perempuan bersama rombangan diberhentikan sebelum tiba di kediaman pengantin laki-laki, langsung dilakukan atraksi tersebut

Kira-kira 100 meter sebelum sampai di rumah Linto Baro (penganti laki-laki) mobil yang ditumpangi pengantin perempuan ditarik oleh seseorang laki-laki hingga sampai ke rumah. “Tapi saya nga tahu siapa nama yang menarik mobil tersebut,” ujarnya mengaku juga kaget dengan penyambutan adat seperti itu.

Dalam video tersebut terlihat sebagian rombongan baik itu dari pihak keluarga Dara Baro (Pengantin Perempuan) maupun pihak keluarga dari Linto Baro (Penganti Laki-laki) beramai-ramai mengambil foto dan video pada prosesi adat yang sudag langka itu dengan mengunakan telepon seluler milik mereka. (hafiz)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com