TNI Sosialisasikan Program KB di Desa  

JANTHO – Panglima Kodam (Pangdam) Iskandara Muda, Mayjen Agus Kriswanto mengatakan dukungannya dalam mensukseskan program KB (Keluarga Berencana) yang dilaksanakan oleh Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana (BkkbN) Aceh. Hal itu dipertegaskannya dalam pidato yang disampaikannya,  Senin siang (17/11) kemarin di Desa Geunteut, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar.

“Dalam pelaksanaan Kerja Bakti skala besar TNI 2014 ini, selain personil TNI membantu pembangunan berupa fisik maupun non fisik. Fisik berupa pencetakan kembali sawah seluas 32 hektare dan normalisasi sungai sepanjang 1.100 meter yang rusak akibat banjir bandang 1 November lalu. Non fisik berupa pengobatan massal dan pelayanan KB bagi ibu-ibu,” tutur Pangdam IM kepada wartawan.

Pelayanan KB sekian kalinya di desa di Aceh ini dilaksanakan atas kerjasama pihak Kodam IM dengan Perwakilan BkkbN Aceh. TNI dalam hal ini mengambil andil tugas sebagai bentuk untuk mensejahterakan rakyat dengan memiliki keluarga kecil dan bahagia.

”Kemitraan TNI dan BkkbN sudah ada sejak dari dulu dan akan terus kita tingkatkan. Program ini sudah tersebar diseluruh jajaran Kodam Iskandar Muda sampai Koramil, dan di internal TNI program BkkbN ini sudah berjalan lancar, Insya Allah kami akan sejahtera dengan keluarga kecil dan bahagia,” ucap Pangdam.

Isri Pangdam IM, Ny. Ayik Agus Kriswanto turut mengembani tugas mensukseskan program KB baik di dalam maupun di luar kegiatan Dharma Pertiwi. Selama ini, kata Ny. Ayik Agus Kriswanto, Dharma Pertiwi sosialisasikan program ini di beberapa tempat seperti hari ini juga,  bahwa dua anak lebih baik.

“Untuk pendidikan dan masa depan anak-anak ke depan akan lebih repot lagi, jadi dua anak lebih baik,” katanya sembari mengkampanyekan slogan BkkbN yaitu “Dua Anak Lebih Baik”.

Acara Bakti skala besar ini juga di hadiri Kepala Perwakilan BkkbN Aceh, M. Natsir Ilyas dan sejumlah Kabid dan staf dijajarannya.  “BkkbN terus menjalin lebih erat lagi kemitraan dengan TNI. TNI berperan mensukseskan program KB di pedesaan maupun di jajarannya. Untuk itu kami harap hubungan kemitraan ini bisa terus berlanjut,” kata Natsir Ilyas.

Perwakilan BkkbN Aceh menurunkan dua unit mobil pelayanan KB. Selain memberi pelayanan KB, kegiatan ini juga memberi konseling KB gratis kepada warga masyarakat Desa Geunteut, Kecamatan Lhoong, Kabupaten Aceh Besar. (qasimil)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *