TMMD di Aceh Tengah Buka 2 KM Jalan Gading-Lelumu

AcehNews.net|TAKENGON – Jalan yang menghubungkan Kampung Gelampang Gading, Kecamatan Linge dengan Kampung Lelumu Kecamatan Pegasing, Kabupaten Aceh Tengah, Provinsi Aceh, mulai dibuka.

Pembukaan jalan dilakukan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Tahun 2016  dimulai Selasa (20/09/2016) yang ditandai dengan upacara dengan Inspektur, Bupati Aceh Tengah, Nasaruddin.

“Program TMMD merupakan wujud nyata kemanunggalan TNI dengan rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat khususnya dibidang pembenahan infrastruktur jalan,” ungkap Nasaruddin disela pembukaan TMMD.

Jalan yang akan dibuka sepanjang 2 Kilometer dengan lebar 12 Meter. Sementara total panjang ruas Gading-Lelumu 12 Kilometer melewati 4,5 Area Penggunaan Lain (perkebunan/tanah masyarakat), kemudian 3,5 Kilometer masuk dalam kawasan Hutan Produksi dan 4 Kilometer dalam kawasan Hutan Lindung.

Menurut Nasaruddin, lahan yang masuk kawasan hutan sedang dilakukan proses pinjam pakai dan pihaknya pada awal September lalu sudah melakukan pembicaraan untuk percepatan izin tersebut dengan Dirjen Planologi Kehutanan dan Tata Lingkungan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Pembukaan jalan ini adalah tahap awal dan perlu terus direncanakan berikutnya untuk mempercepat akses Takengon-Isaq yang selama ini masih ditempuh dengan kisaran jarak 34 Kilometer melalui Bur Lintang.

“Jika jalan yang mulai dibuka ini selesai nantinya jarak Takengon-Isaq hanya berkisar 22 Kilometer dengan jalan yang lebih landai, relatif lurus dan aman,” kata Nasaruddin.

Usai membuka TMMD, Nasaruddin didampingi Ketua TP. PKK Aceh Tengah, Ny. Apini Nasaruddin, Dandim 0106 Aceh Tengah, Letkol Inf. Didit Hari Prasetyo Putro melakukan peninjauan kelengkapan peralatan pendukung, pelaksanaan pengobatan massal dan peninjauan ruas jalan yang sudah dikerjakan selama masa pra TMMD.(emka)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com