Tinggi Gelombang Perairan Sabang Capai 3 Meter  

BANDA ACEHBadan Meteorologi,  Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Aceh di Blang Bintang, Aceh Besar memprakirakan dua hari ke depan, 18 hingga 19 November 2014, gelombang laut dengan ketinggian  maksimum 3 meter berpeluang terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh.

Prakirawati BMKG di Blang Bintang, Aceh Besar, Nasyithah Az-Zahra Lubis, Senin (17/11) memprakirakan gelombang tinggi tidak saja terjadi di perairan Sabang dan Banda Aceh dua hari ke depan, 18 hingga 19 November 2014. Gelombang tinggi juga terjadi di perairan Utara dan Timur Aceh serta Barat dan Selatan Aceh dengan ketinggian maksimum 2,5 meter.

Menurut Nasyithah,  tingginya gelombang di perairan tersebut karena dari pantauan BMKG di sebelah Barat laut Aceh adanya pusta tekanan rendah. Sehingga angin ketinggian permukaannya sampai 3000 feet yang umumnya bertiup dari arah dari arah Timur Laut dan Timur dengan kecepatan 05 hingga 30 Km/jam.

“Perlu diwaspada tinggi gelombang ini bagi pelayaran dan nelayan Aceh. Selain itu kami juga mengingatkan masyarakat dua hari kedepan, 18 hingga 19 November 2014, waspada potensi hujan lebat pada sore hingga malam hari disejumlah wilayah di Aceh,” kata Nasyithah mengingatkan.

Sebut prakirawati BMKG ini,  wilayah yang berpotensi hujan turun dengan intensitas lebat yaitu Tapaktuan, Kutacane, Blangpidie, Blang Kejeren, Suka Makmue dan Subulussalam. Sedangkan untuk intensitas hujan sedang diprakirakan terjadi di Takengon dan Lhokseumawe. Sedangkan sejumlah wilayah lainnya di Aceh, hujan yang turun dengan intensitas ringa. (saniah ls)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *