Tidak Ada Penyewa, Sejumlah Kios Di Komplek Terminal Sinabang Rusak

SINABANG | AcehNews.Net – Puluhan unit kios di komplek terminal Sinabang, Desa Suka Jaya, Kecamatan Simeulue Timur, Kabupaten Simeulue, sejak dibangun belum ada penyewa. Akibatnya, sejumlah unit kios tersebut mulai rusak.

Amatan AcehNews.Net, Sabtu (8/9/2018) di lokasi, sejumlah unit kios terjadi kerusakan pada pintu dan plafon. Dikarenakan pintu rusak, sehingga, kios tersebut menjadi tempat hewan ternak seperti kambing. Hal itu terbukti adanya kotoran kambing yang bersekan di dalam kios dan bau tak sedap. Dari puluhan unit kios, tampak hanya ada dua pintu saja yang sudah ditempati.

Heri salah seorang penyewa mengatakan, pada awal ia tinggal di kios itu, kondisi kios memang sangat kotor, pekarangan komplek berserakan sampah, baik sampah plastik maupun kotoran hewan ternak.

“Pertama saya tinggal di sini memang kotor kali pekarangannya. Ini sudah lumayan bang, karena sudah saya bersihkan” Akunya kepada AcehNew.Net.

Sementara itu, Kepada AcehNews.Net, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Simeulue Ibnu Abas, saat dikonfirmasi mengakui, bangunan kios tersebut sejak dibangun memang belum ditempati atau belum ada penyewa.

Namun demikian, pihaknya sudah berkoordinasi dengan Dinas Perhubungan selaku penanggung jawab kios, agar bisa meng-gratis-kan kios selama 2 tahun kepada siapa pun yang mau menempati.

“Kios itu sejak di bangun tidak pernah ditempati. Sekarang kita ambil kebijakan untuk memberikan kios tersebut secara gratis dua tahun dengan catatan harus diperbaiki dan dibuka untuk tempat jualan bukan untuk rumah tinggal,” ujar Kadis.

Sejak diberikan gratis dalam kurun waktu 2 tahun lanjut Kadis, ia mengakui saat ini sudah banyak warga yang ingin menempati kios tersebut.

“Alhamdulillah sudah banyak yang mendaftar. Tinggal lagi, saat ini kita sedang persiapkan fasilitas umum seperti listrik, Air, dan sarana lainnya. Insyaallah kita akan hidupkan kembali” demiakan ujarnya kepada AcehNews.Net. (jen)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com