Terserang Hama Wereng, Babinsa Koramil 07/Simeulue Tinjau Sawah Petani

SINABANG | AcehNews.net – Tanaman padi petani di Blang Umawa, Desa Leubang Hulu, Kecamatan Teupah Barat, Kabupaten Simeulue, terserang hama wereng. Akibatnya, daun padi menguning dan kering. Para petani melaporkan hal itu ke Babinsa dan PPL Kecamatan setempat.

Menerima laporan tersebut, Babinsa 07/Teupah Barat, Serda Sudiman bersama Ketua DPP Kecamatan Muhardanil, lansung melakukan pengecekan ke lokasi.

Di lokasi persawahan, Serda Sudiman, dengan cepat melakukan pengece­kan kondisi tanaman padi serta mencari solusi sebagai upaya pencegahan dini guna mem­be­rantas dan membasmi hama wereng dan hama lain­nya.

“Hal itu kita lakukan supaya hama tidak menyebar ke petak sawah yang lain,” ujar Serda Sudiman, pada Jumat (21/6/2019).

Bila tidak dilakukan pencegahan dengan cepat, dikatakannya, akan ber­dampak kerugian yang lebih besar bagi petani atau yang lebih buruk, bisa ga­gal panen. Ada pun langkah yang dilakukan terangnya, yakni pemupukan dan penyemprotan.

Serda Sudiman berharap kepada seluruh petugas di lapangan dan para petani, khsususnya di Kecamatan Teupah Barat, supaya bersama-sama peduli dan bekerja sama membantu para petani untuk memperbaiki ekonomi masyarakat petani, dan men­sukseskan program ketahan pangan yang sedang digalak­kan oleh pemerintah daerah dan pusat. (Teks: Jenedi Photo: Ist)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com