Terjerat di Aceh Timur, Anak Gajah Sumatera Mengalami Luka Parah

BANDA ACEH | AcehNews.net – Tim Balai Konnservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh bersama sejumlah rekanan lainnya akhirnya menemukan seekor anak gajah Sumatera yang terjerat di kawasan hutan Aceh Timur, tepatnya di kawasan Gampong Batu Sumbang, Kecamatan Simpang Jernih.

Kepala BKSDA Aceh, Sapto Aji Prabowo mengatakan, anak gajah yang ditemukan berjenis kelamin betina dengan usia yang diperkirakan sekitar satu tahun. Kondisi anak gajah ini sendiri terluka berat di bagian kaki kiri depan dan mengalami dehidrasi karena terpisah dari rombongannya.

“Saat ini sedang ditangani drh. Anhar di lokasi, rencana akan digeser ke gampong terdekat untuk ditentukan langkah selanjutnya,” jelas Sapto, Rabu (19/6/2019) di Banda Aceh.

Sapto mengatakan, anak gajah betina ini ditemukan setelah tim melakukan pencarian di hutan setempat selama dua hari pasca diterimanya laporan masyarakat tentang adanya anak gajah Sumatera yang terjerat. Cedera kaki yang dialami anak gajah sendiri diperkirakan sudah dua minggu dan cukup parah.

“Tim di lokasi telah mengobati anak gajah ini. Rencananya, anak gajah ini akan dievakuasi ke CRU Serbojadi yang merupakan CRU terdekat untuk mendapatkan perawatan lebih lanjut, sambil memonitor kemungkinan kelompok gajah asal muncul kembali dan anak gajah akan dicoba digabungkan ke kelompoknya,” demikian pungkasnya. (Teks: Hafiz Photo: Ist)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *