Tahura Seulawah Akan Jadi Sentra Produksi Alpukat

BANDA ACEH –  Taman Hutan Raya (Tahura) di Seulawah, Kabupaten Aceh Besar yang memiliki luas sekira 6.300 hektare akan “disulap” menjadi lahan tanaman alpukat. Menurut Kepala Dinas Kehutanan (Kadishut) Aceh, Husaini Syamaun, kawasan hutan ini sangat cocok untuk dijadikan kawasan tanaman alpukat.

“Kedepan kawasan tahura ini akan dijadikan sentral produksi alpukat, sebab, selain lahannya yang subur potensi alpukat juga sangat menjanjikan kedepan,”ujar Kadis kehutanan Aceh, Husaini Syamaun kepada wartawan, kemarin.

Menurut Husaini mengapa wacana ini muncul, selain melihat kawasan ini sangat cocok untuk dijadikan kawasan tanaman alpukat juga mengingat selama ini banyaknya permintaan kebutuhan alpukat di Provinsi Aceh yang belum mampu dipenuhi.

Nanti kata dia lagi,  lahan Tahura yang sudah dirambah sekira 500 hektare, akan ditanam kembali dengan pohon-pohon yang bisa dikelola oleh masyarakat setempat seperti alpukat dan durian.

“Sejauh ini telah disepakati kawasan itu akan dijadikan sentra alpukat. Kami pun sudah menggelar pertemuan dengan pihak terkait seperti camat, keuchik, dan Imum Mukim dikawasan tahura, selain itu juga sepakat untuk menghentikan penebangan hutan,” jelas Husaini. (Agus)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com