Jelang Idul Adha
Stok di Aceh Kurang, Kerbau dan Sapi di Abdya Didatangkan dari Sumut, Harga Pun Naik

BLANGPIDIE | AcehNews.net – Pandemi Covid-19 yang mewabah sejak Maret 2020, ternyata tidak menurunkan permintaan hewan Kurban yang melonjak naikdi Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), Provinsi Aceh.

Pasalnya, tempat pemotongan hewan di Keude Siblah, Kecamatan Blangpidie, terlihat ramai di datangi pembeli.

Amatan AcehNews.net di lokasi, meski harga kerbau dan sapi naik beberapa persen tahun ini, berkisar Rp21 juta hingga Rp22 juta/ekor, permintaan tetap meningkat.

Harga kerbau dan sapi di Abdya di tahun sebelumnya, 2019, Rp19 juta/ekor dan pada tahun ini, 2020, harga kerbau dan sapi naik sekitar Rp1 hingga Rp2 juta/ekor. di mana dulunya hanya berkisar sekitar 19 juta rupiah.

Meski harga kerbau dan sapi naik, namun amatan AcehNews.net, harga kambing dan kibas tidak ikut naik. Harga kambing dipasok berkisar Rp2 hingga Rp3 juta/ekor.

Permintaan hewan kurban yang meningkat pesat ini ternyata membuat ternak di daerah kehabisan stok. Sehingga sejumlah pedagang ternak di Abdya harus memasok dari luar daerah lain untuk memenuhi permintaan hewan kurban.

“Sudah seminggu terakhir permintaan hewan ternak untuk kebutuhan hewan kurban cukup tinggi sehingga harus di pasok dari Medan, Sumatera Utara,” demikian beber salah satu penjual ternak, Makmur. (Nita Juniarti)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *