STAIN Gajah Putih Akan Bangun Gedung Kuliah dan Perpustakaan  

TAKENGON – Tahun ini Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri Gajah Putih (STAIN GP) segera membangun gedung perkuliahan dan gedung perpustakaan. Hal itu dikemukan Ketua STAIN GP, DR Zulkarnain kepada AcehNews.net, Selasa (31/3/2015) di Takengong, Kabupaten Aceh Tengah.

“Setidaknya akan dibangun 20 ruang kuliah dan 1 unit gedung perpustakaan,” sebut Zulkarnain.

Zulkarnain mengatakan terkait rencana pembangunan gedung tersebut sudah dibicarakan dengan dewan penyantun STAIN GP. Khusus untuk gedung perpustakaan dikatakan Zulkarnain rencananya dibangun dua lantai, namun akan dilakukan secara bertahap satu lantai terlebih dahulu.

“Perpustakaan nantinya dikelola dengan sistem terpadu, ada teknologi informasi, unit pelaksana teknis sistem informasi, akses dalam dan luar negeri semuanya berpusat di gedung perpustakaan,” jelasnya lagi.

Sementara Bupati Aceh Tengah, Ir Nasaruddin, selaku ketua Dewan Penyantun STAIN GP mengatakan, perlunya perencanaan yang baik dalam setiap gedung yang akan dibangun. “Perencanaan pembangunan harus betul-betul, karena salah di perencanaan menyebabkan bangunan tidak sesuai harapan, rugi biaya yang besar namun hasil dan manfaatnya tidak sesuai,” ujarnya.

Nasaruddin menambahkan perencanaan yang akan dilakukan harus mengikuti perkembangan, bukan hanya soal estetika tapi juga ketahanan bangunan.”Apalagi Aceh Tengah merupakan jalur gempa bumi, maka bangunannya juga harus mempertimbangkan ketahanan terhadap gempa,” ujar Nasaruddin.

Selain itu, soal pencahaan dalam bangunan juga harus menjadi perhatian.”Kalau siang hari nggak perlu hidup lampu, sehingga lebih efisien dan sehat,” tegasnya.(emka)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *