SIWO PWI Aceh Gelar Lomba Foto dan Karya Tulis  

BANDA ACEH – Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Aceh kembali menggelar, Lomba Foto dan Lomba Karya Tulis Olahraga 2014, untuk masyarakat umum dan wartawan se-Aceh. Kegiatan yang sama sebelumnya telah dilaksanakan pada 2013.

Menurut Ketua Panitia Pelaksana, HT Anwar Ibrahim, lomba kali ini mengusung tema “Membangun Peran Masyarakat dalam Meningkatkan Prestasi Olahraga Aceh”. Lomba ini juga dari upaya SIWO PWI Aceh untuk mengangkat dunia olahraga Aceh, baik dari segi pembinaan hingga prestasi.

“Peran serta masyarakat umum dalam memberi masukan terhadap perkembangan dan peningkatan prestasi olahraga Aceh, mutlak diperlukan. Kritik, saran, dan perhatian masyarakat, utamanya wartawan, akan sangat membantu bagaimana prestasi olahraga Aceh dapat ditingkatkan sesuai harapan,” kata Anwar.

Sebut Anwar, total hadiah yang diperebutkan dalam kedua lomba tersebut, Rp25 juta. Dari lomba ini, nantinya akan diterbitkan menjadi sebuah buku, yang terdiri dari 20 karya tulis dan 20 karya foto terbaik.

Pelaksanaan lomba dilangsungkan sejak 15 November s/d 24 Desember 2014. Pengumuman pemenang dan penyerahan hadiah dilaksanakan pada 1 Januari 2015. Untuk karya tulis olahraga diikuti masyarakat umum. Sedangkan untuk foto olahraga khusus untuk wartawan.  (agus)

Ini syarat dan ketentuan loba karya tulis olaraga:

Lomba terbuka untuk seluruh masyarakat Aceh. Karya tulis yang dikirimkan ke panitia harus orisinil dan belum pernah menang lomba karya tulis sejenis dan tidak sedang diikutkan dalam lomba lainnya. Karya tulis berupa opini atau artikel minimal 700 kata dan maksimal 1.000 kata, font Time New Roman ukuran 12 dengan spasi ganda dan dikirim dalam bentuk word.

Karya yang diikutsertakan belum pernah dipublikasikan di media massa cetak atau online. Peserta boleh mengirimkan maksimal 2 (dua) karya tulis, namun hanya 1 (satu) karya terbaik yang akan masuk nominasi. Untuk karya tim, peserta harus menyebutkan ketua tim dan anggotanya. Satu tim tidak lebih dari tiga orang.

Karya tulis yang memenangi lomba ini akan menjadi hak milik SIWO PWI Aceh, dengan tetap menyebutkan nama penulis bila dipublikasi dalam bentuk buku oleh SIWO PWI Aceh. Dewan juri berhak untuk menolak suatu karya yang didaftarkan bila dianggap tidak memenuhi persyaratan.

Karya peserta harus dikirimkan paling lambat 24 Desember 2014 pukul 17.00 WIB. melalui email:lombatulissiwo@gmail.com. Peserta wajib menyertakan salinan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan/atau Kartu Pelajar bagi peserta yang masih berstatus pelajar.

Peserta wajib mengirim biodata singkat secara terpisah dari karya tulis, seperti nama, alamat, nomor HP, pekerjaan, alamai e-mail. Peserta Wajib mengirimkan pernyataan, bahwa akan ikut dan tunduk pada semua aturan yang telah ditetapkan panitia (terpisah dari karya tulis). Jika terjadi pelanggaran terhadap persyaratan lomba, maka dewan juri berhak melakukan pembatalan dan menarik kembali penghargaan yang diberikan.

 Ini syarat dan ketentuan lomba foto olahraga:

Objek foto berada berada dalam wilayah Aceh yang menggambarkan berbagai kegiatan olahraga di Aceh, (khusus olahraga prestasi). Peserta lomba adalah Jurnalis/ wartawan yang bertugas di seluruh wilayah  Aceh, Warga Negara Indonesia (WNI) dengan melampirkan fotokopi kartu pers dan KTP. Pemotretan dilakukan dengan kamera digital tanpa dibatasi jenisnya.

Satu peserta dapat menyerahkan maksimal 3 (tiga) foto digital dalam bentuk file berformat JPEG dengan resolusi minimal 300 dpi (high-resolution). Peserta wajib menyertakan file aslinya dalam bentuk RAW/TIF atupun JPEG. Foto merupakan hasil karya selama 1 Januari 2014 sampai dengan 20 Desember 2014.

Seluruh konten yang ada di dalam hasil foto merupakan tanggung jawab dari fotografer, termasuk di dalamnya apabila menggunakan model/properti dan/atau model/ properti yang disertakan dalam lomba ini. Panitia Lomba Foto Olahraga SIWO PWI Aceh 2014 bebas dari tuntutan pemilik properti dan/atau model yang disertakan dalam lomba foto ini. Foto harus sesuai dengan norma-norma dan peraturan yang berlaku di masyarakat. Foto tidak boleh mengandung unsur SARA, pornografi, sadisme, dan sarkasme.

Masing-masing peserta hanya berhak atas 1 (satu) pemenang. Penilaian akan didasarkan atas nilai tertinggi dari foto-foto yang diajukan peserta jika peserta mengirim lebih dari 1 (satu) foto. Foto merupakan hasil karya sendiri dan dilarang mengirim foto dengan memakai nama atau alamat orang lain. Foto belum pernah dipublikasikan dan belum pernah menang dalam perlombaan atau kompetisi apapun.

Setiap peserta wajib menuliskan judul foto beserta deskripsi foto (tidak lebih dari 50 kata), lokasi pemotretan, nama lengkap, fotocopy kartu pers, alamat e-mail & nomor HP yang dapat dihubungi. Karya foto diterima panitia paling lambat 24 Desember 2014 pukul 17.00 WIB di alamat email panitia; lombafotosiwo@gmail.com.

Panitia Lomba Foto Olahraga SIWO PWI Aceh 2014 berhak menggunakan foto pemenang untuk kepentingan promosi dan publikasi serta hak cipta sepenuhnya milik fotografer. Peserta menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan yang berlaku dalam Lomba Foto Olahraga SIWO PWI Aceh 2014. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak, sah, mengikat dan tidak dapat diganggu gugat.

Olah digital yang diperbolehkan hanya sebatas edit minor (contrast, croping, dodging, level, curve, noise reduction/dust removing). Tidak diperkenankan mencantumkan unsur non-fotografis pada foto, misalnya tanda tangan, digital frame, dan atau gambar dalam bentuk apapun.Manipulasi foto seperti penggabungan (montase) tidak diperkenankan dan data exif harus tetap terjaga/tidak ada pengubahan data-data vital pada foto.

Keputusan Dewan Juri lomba foto dan lomba karya tulis mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Pengumuman dan penyerahan hadiah pemenang lomba akan dilakukan pada 1 Januari 2015, di Banda Aceh.

Sekretariat Panitia Lomba Karya Tulis dan Foto Olahraga SIWO PWI Aceh 2014 Jalan T Angkasah (Kuta Alam) Simpang Lima, Banda Aceh, Indonesia.        Contact Person: M  Zairin, (HP  0811 68 1450), e-mail; lombatulissiwo@gmail.com dan lombafotosiwo@gmail.com.

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *