SAR Gabungan Temukan Jasad Ibrahim Disemak Sungai Digoel

MERAUKE | AcehNews.net – Hari ketiga pencarian, tim Search And Rescue (SAR) gabungan yang melakukan pencarian, pertolongan dan penyelamatan terhadap keadaan darurat berhasil menemukan jasad Ibrahim Adnan Kamal setelah dinyatakan hilang saat terjatuh dari long boat di sungai Digoel, Kabupaten Boven Digoel, Papua, Senin (11/1/2021) lalu.

Kepala Kantor Pencarian Dan Pertolongan (Basarnas) Merauke, Supriyanto Ridwan, dalam rilis tertulis yang diterima AcehNews.net mengungkapkan, personil Pos Pencarian Dan Pertolongan Boven Digoel melihat tubuh korban yang sudah dalam keadaan tidak bernyawa tersembunyi di balik rerimbunan pepohonan dan semak di tepi sungai Digoel. Korban ditemukan pada koordinat 06°12’50″S-140°16’32″E atau berjarak sekitar 10 km dari titik awal kejadian ke arah barat daya pada pukul 08.05 WIT.

“Kami bersyukur korban akhirnya bisa ditemukan pagi ini walaupun dalam kondisi tidak bernyawa lagi. Kita tahu bersama kondisi sungai Digoel beberapa hari belakangan ini arusnya cukup deras. Ini bisa kita lihat dari posisi ditemukannya korban yang cukup jauh terbawa arus,” terang orang nomor satu di Basarnas Merauke ini, Rabu (13/1/2021).

Pria yanga akrab disapa Mas Pur ini mengingatkan kepada semua pihak yang beraktifitas di perairan agar senantiasa mempersiapkan diri dan alat keselamatan agar terhindar dari kecelakaan yang parah.

Sesuai prosedur, sambungnya, korban langsung dievakuasi menuju rumah sakit terdekat untuk penanganan lebih lanjut sekaligus diserahterimakan kepada pihak keluarga. Butuh waktu sekitar satu jam dalam perjalanan menuju dermaga.

“Kami ucapkan terimakasih kepada seluruh unsur potensi yang terlibat dalam operasi kali ini. Pada pihak kepolisian Boven Digoel, Pemda, Boven Digoel Rescue Unit (BDRU), pihak keluarga, masyarakat serta semua pihak,” tandas Supriyanto.

Dikesempatan yang sama, Humas Kantor Basarnas Merauke, Darmawan menambahkan, kronologi musibah terjadi tanggal 11 Januari 2021 pukul 08.30 WIT. Seorang lelaki berusia 33 tahun jatuh dan hilang di sungai Digoel ketika dalam perjalanan menuju kampung Kawe.

“Kejadian ini dilaporkan ke Pos Pencarian Dan Pertolongan Boven Digoel oleh Eko. Dengan ditemukannya korban, maka operasi SAR dinyatakan selesai,” pungkasnya. (Hidayatillah)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *