Ridha dan Almirahilal Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015

BANDA ACEH – Rahmad Ridha dan Almirahilal terpilih menjadi Duta Mahasiswa Generasi Berencana (GenRe) Aceh 2015 yang dinobatkan pada malam Penganugerahan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015 di Gedung AAC Dayan Dawood Universitas Syiah Kuala (Unsyiah), Darussalam Banda Aceh, Ahad (17/5/2015).

Walikota Banda Aceh, Hj Illiza Sa’aduddin Djamal SE hadir pada malam Penganugerahan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015. Dalam sambutannya di hadapan ribuan penonton yang didominan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Banda Aceh dan Aceh Besar tersebut Illiza banyak menyoroti soal pergaulan bebas dan narkoba.

Terkait pergaulan bebas yang saat ini sedang marak terjadi dikalangan remaja Aceh, Illiza menyebutkan, Banda Aceh adalah kota metropolitan, permasalahan inilah yang sedang dihadapi kotanya, maupun masyarakat Aceh.

“Walaupun kita merupakan daerah syariat, persoalan narkotikan, seks bebas, ini menjadikan tantangan utama. kita akan terus berjuang dan meningkat pendidikan khsusnya pada bidang keagamaan, berdakwah,  dan mengharapkan peran orang tua ikut serta mengontrol pergaulan anak-anak mereka,”  kata Illiza.

Sementara itu, Kepala Perwakilan Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BkkbN) Aceh, Drs M. Natsir Ilyas menyebutkan, pemuda Aceh bukan hanya bebas dari narkotika, seks bebas, dan HIV & AIDS. Akan tetapi terpenting bagaimana membangun generasi muda yang saleh dan saleha. Karena menurut Natsir Ilyas generasi muda yang akan membangun Aceh ini ke depan.

“Salah satu kegiatan utama BkkbN ini adalah, meningkat generasi muda untuk terlepas dari narkoba dan pergaulan bebas. Mari kita mendukung generasi kita untuk menjadi generasi yang bersih dari narkoba, seks bebas, dan HIV & AIDS. Pada kesempatan itu Kaper BkkbN Aceh berpesan agar Dumas GenRe Aceh 2015 yang mewakili Aceh ke tingkat nasional dapat kembali mengharumkan nama Aceh kembali dengan juara yang diraih.

“Tahun lalu Dumas GenRe putri kita meraih juara harapan II, tahun 2014 putra kita meraih juara Favorit, dan pada 2012 putra kita meraih juara III. Dan tahun ini harapan kita, wakil kita dapat kembali mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional,” sebut Natsir Ilyas.

Lima belas pasangan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015 yang sudah dikarantina selama 4 hari, 14 hingga 17 Mei 2015, bersaing ketat untuk bisa lolos ke lima besar pada Malam Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015. Akhirnya juri memutuskan 10 nama masuk dalam lima besar pada Malam Penganugerahan Duta Mahasiswa GenRe Aceh 2015.

Sebanyak sepuluh nama tersebut yaitu,  finalis Putra, Rahmad Ridha, Zanna Syaifullah Amri, Azhiemi Iqbal, Wanda Ramadhana, Khaliful Ichasan. Sedangkan finalis Putri, Rizki Hawalaina, Misra Hanum, Nora Maghfirah, Annisa, dan Almirahilal.

Dari lima besar, kemudian tujuh juri dari berbagai profesi memilih dua pasang Dumas GenRe untuk dinobatkan sebagai Dumas GenRe Aceh 2015 putra dan putri dan Runner Up I putra dan putri. MC memanggil dua pasang Dumas GenRe putra dan putri dan kemudian Dumas GenRe Aceh 2014 Ichwan Hassafa dan Debbie Silviana akhirnya menyelempangkan Rahmad Ridha dan  Almirahilal sebagai Dumas GenRe Aceh 2015.

Dengan demikian mahasiswa Fakultas Keperawatan Unsyiah dan mahasiswi Teknik Sipil Unsyiah, Sedangkan Wanda Ramadhan, mahasiswa Politeknik Lhokseumawe dan Misran Hanum, mahasiswi Fakultas Kedokteran Gigi Unsyiah berada di Runner Up I, dan Runner Up II, Khaliful Ichsan, mahasiswa Teknik Kimia Unsyiah dan dan Rizki Hawailaina, mahasiswi FKIP Bahasa Inggris Unsyiah.

Harapan I Putra dan Putri, Zanna Syaifullah Amry (Agribisnis Unsyiah) dan Annisa (Fisip Unsyiah). Harapan II Putra dan Putri, Azhiemi Iqbal (Teknik Arsitektur Unsyiah) dan Nora Maghfirah (Ekonomi Akutansi Unsyiah). Favorit Putra dan Putri, Rahmad Ridha (Fak. Keperawatan Unsyiah) dan Farah Maulida Sari (Ekonomi Islam Unsyiah).

Rahmad Ridha dan Almirahilal usai dinobatkan mengatakan kepada wartawan akan mempersiapkan diri dan mental mereka untuk bisa kembali mengharumkan nama Aceh di tingkat nasional. Dumas GenRe Aceh 2015 putra dan putri akan mewakili Aceh ke Pemilihan Duta Mahasiswa GenRe tingkat Nasional 2015 di Jakarta. Bertarung melawan 33 Dumas GenRe putra dan putri, perwakilan dari 33 provinsi di Indonesia untuk memperebutkan berbagai kategori juara.

“Kami sebagai advokat, di sini kami peduli kepada mahasiswa dan remaja Aceh. Untuk itu program pertama kami, karena di Aceh sedang marak narkoba maka kami akan kampanyekan bahaya penyalah gunaan Narkoba,” kata Rahmad Ridha.

Sementara itu Almirahilal menambahkan mereka berdua juga ingin mengembangkan suatu wadah di mana didalamnya nanti akan memfalisitasi para remaja atau mahasiswa untuk berkonsultasi dengan berbagai persoalan yang dihadapi.

Turut hadir perwakilan dari Pangdam Iskandar Muda, Polda Aceh, Asisten Sekdakota Banda Aceh, T. Iwan Kesuma, Kadis Pendidikan, Pemuda dan Olahraga, Kota Banda Aceh, Syaridin, dan Kepala Kantor Pemberdayaan Perempuan dan KB, Badrunnisa, mitra kerja BkkbN, dan segenap unsur pejabat di jajaran Perwakilan BkkbN Aceh. (zuhri/saniah ls)

Advertisements

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *