Ribuan Ikan Kecil Terdampar di Pantai Gampong Jawa

BANDA ACEH | AcehNews.net – Ribuan bahkan mungkin diperkirakan hingga puluhan ribu ikan kecil yang belum diketahui jenisnya terdampar dan berserakan di kawasan pesisir Pantai Gampong Jawa, Kecamatan Kutaraja, Banda Aceh, Rabu sore (29/5/2019).

Hal ini diketahui berdasarkan hasil pantauan siaran langsung salah satu pengguna Instagram. Belum diketahui penyebab pasti terdamparnya ikan-ikan kecil ini, namun diketahui sejumlah warga memunguti ikan di lokasi.

Kepala Balai Karantina Ikan Pengendalian Mutu dan Keamanan Hasil Perikanan (BKIPM) Aceh, Diky Agung Setiawan melalui Kasubsi Wasdalin, Silvia Wijaya mengatakan, pihak karantina ikan juga telah mengerahkan petugas ke lokasi untuk melakukan pengecekan setelah mendapatkan informasi tersebut.

Pihaknya mengatakan, biasanya penyebab terdamparnya ikan kecil ini akibat kekurangan oksigen di kolom air dikarenakan beberapa hal seperti kenaikan temperatur, bloming alga atau bahkan karena parasit. “Atau mungkin akibat ledakan kelimpahan stok ikan,” ujarnya.

Dari hasil pemeriksaan dan pengecekan di lokasi, petugas tak menemukan adanya gejala klinis pada ikan kecil itu. Petugas juga melakukan pengecekan terhadap air laut di lokasi dan hasilnya bahwa air tak berbau atau tercemar. “Kemungkinan terdamparnya ikan ini karena kelimpahan stok,” katanya lagi.

Sementara, Kasubbag Tata Usaha Balai Perikanan Budidaya Air Payau (BPBAP) Ujong Batee, T Ridwan menduga, ikan kecil ini merupakan ikan tangkapan nelayan menggunakan jaring yang dibuang karena berlebih dan tak memiliki harga jual. 

“Ikan ini termasuk demersal kecil, biasanya di sejumlah daerah muncul melimpah waktu musim timur dan tertangkap dengan pukat pantai,” kata Ridwan.

Informasi lainnya dari warga setempat, ikan ini merupakan ikan tangkapan jaring nelayan. Namun karena terlalu banyak tangkapan ikan teri, mereka tidak sanggup lagi mengambil ikan dari jaring dan dibuang begitu saja di laut serta terbawa ombak ke pinggiran pantai. (Hafiz)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *