Ratusan Angler Meriahkan Aceh Fishing Tournament ke-3‎

BANDA ACEH | AcehNews.net – Walikota Banda Aceh, Aminullah Usman membuka secara resmi Aceh Fishing Tournament ke-3. Acara yang digelar di kawasan Gampong Jawa ini diikuti oleh sekitar 500 angler (pemancing) dari 13 kabupaten/kota se-Aceh, Ahad (17/12/2017).

Pada ajang yang memperebutkan piala bergilir Walikota Banda Aceh ini, pihak panitia juga menyediakan hadiah berupa dana pembinaan senilai jutaan rupiah dan sejumlah hadiah menarik lainnya dari sponsor.

Dalam sambutannya, Walikota Aminullah menyampaikan apresiasi kepada panitia dan pihak sponsor yang telah menyelenggarakan sebuah even besar dalam rangka memajukan sektor pariwisata khususnya wisata bahari Banda Aceh.

“Saya berharap tahun depan ajang ini dapat kita gelar dengan skala yang lebih besar dengan jumlah peserta yang lebih banyak lagi, termasuk dari luar provinsi dan luar negeri. Di samping dukungan dari sponsor, Pemko Banda Aceh akan mendukung penuh even ini pada 2018,” kata Aminullah.

Menurut walikota, selain menjadi wadah silaturahmi dan adu ketangkasan dan kemampuan para angler dalam memancing ikan, turnamen ini juga sekaligus menjadi ajang hiburan bagi masyarakat, dan dapat menarik minat wisatawan. “Dengan begitu, sektor perekonomian juga akan hidup, yang pada akhirnya akan meningkatkan kesejahteraan warga kota,” pungkasnya.

Aceh Fishing Tournament terbagi dalam dua kategori lomba yakni tradisional -memancing dengan menggunakan umpan udang dan ikan baik hidup ataupun mati, serta kategori casting -memancing dengan umpan mainan seperti minnow, popper, dan metal jig.

Penentuan juara pada masing-masing kelas dan juara umum yang berhak atas Piala Bergilir Walikota Banda Aceh berdasarkan ikan terbesar/terberat yang berhasil dipancing oleh para peserta, dengan minimal berat ikan yang dinilai adalah 5 ons. (zoel m)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *