Putra Aceh Lahirkan Buku Tiga Bahasa

BANDA ACEH – Ariful Azmi Usman, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) jurusan Komunikasi, Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) yang pernah mengharumkan nama Aceh dan Indonesia di tingkat Internasional dalam HARMAN Internship Program di Istanbul, Turkey Agustus 2014 silam, kini kembali membuat prestasi lain yang membanggakan.

Lelaki berusia 21 tahun yang masih duduk di semester 8 ini menetaskan buku berjudul  “Istanbul Warna Ibukota Dunia, Catatan Perjalanan Anak Aceh di Kota Dua Benua” yang rencananya akan segera diluncurkan dalam waktu dekat ini. Buku ini ditulis dalam tiga bahasa, yaitu Turkey, Inggri, dan Aceh.

Kepada AcehNews.net, Ariful di Banda Aceh Sabtu (28/3/2015) menjelaskan, buku torehannya itu ditulis atas keinginannya untuk berbagi pengalaman semasa di Istanbul Turkey dan juga untuk motivasi kepada teman-teman pembaca dari semua kalangan.

“Saya berharap dengan hadirnya buku ini menjadi semangat dan motivasi kepada teman-teman yang lain untuk mulai menulis dari sekarang. Hidup tanpa berkarya akan hilang ditelan masa. Karean tulisan adalah sebuah karya yang bisa membuktikan seseorang manusia pernah hidup,” tuturnya.

Buku yang diterbitkan oleh Pusat Kebudayaan Aceh Turki (PuKAT) dan YTB (Yurtdışı Türkler ve Akraba Topluluklar Başkanlığı) kata Ariful,  akan diluncurkan dalam April 2015 akan datang,  Lanjut Ariful, buku pertamanya itu ditulis atas pengalamannya di Istanbul serta perpaduan dengan budaya dan sejarah Aceh yang pernah terjalin di masa silam.

Beberapa bagian penting dalam buku karyanya itu, jelas Ariful, sudah diterjemahkan dalam bahasa tiga bahasa yaitu Turki, Inggris, dan Aceh. Karena buku ini juga akan dikirim ke kampus-kampus dan pustaka di Turki. (zuhri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *